Daftar Teknologi Canggih yang Mempunyai Resiko Merusak Dunia Bahkan Alam Semesta

Daftar Teknologi Canggih yang Mempunyai Resiko Merusak Dunia Bahkan Alam Semesta

Blogotech - Di balik adanya kemudahan dan kelebihan yang ditawarkan teknologi zaman now, nyatanya teknologi justru malah dapat mengancam keberlangsungan umat manusia. Dalam beberapa pengolahan dan pengembangannya, beberapa teknologi mempunyai resiko untuk menghancurkan dunia bahkan seisi alam semesta. Bahkan beberapa di antaranya adalah teknologi yang dianggap lucu dan unik oleh umat manusia sendiri.

Tentunya, resiko kerusakan dunia yang diakibatkan oleh teknologi ini wajib kamu ketahui. Penasaran apa saja teknologi yang mempunyai resiko merusak alam semesta beserta isinya tersebut? Berikut blogotech sudah merangkum daftar teknologi canggih yang berpotensi merusak dunia bahkan alam semesta :

5 Teknologi Canggih yang Justru Mempunyai Resiko Merusak Alam Semesta

1. Nuklir

Nuklir adalah salah satu teknologi canggih yang paling kontroversial. Nuklir yang pertama kali diperkenalkan di era Perang Dunia II ini memiliki manfaat bagi umat manusia berkat adanya sumber daya energi. Namun, teknologi nuklir ini justru memiliki resiko besar menghancurkan dunia dan berpotensi memakan korban jiwa, salah satunya saat dijadikan senjata karena bisa menghasilkan daya ledak yang sangat besar. Lebih parahnya, teknologi ini sekarang justru dikembangkan sebagai alat perang antar negara maju.

2. Drone

Drone atau pesawat remote kontrol awalnya dipakai hanya untuk keperluan militer. Namun, penggunaan drone kini sudah meluas, bahkan digunakan oleh masyarakat biasa untuk keperluan fotografi. Namun yang paling buruk, drone sekarang malah digunakan sebagai pengintai dalam peperangan yang tentunya dapat berakibat fatal karena daya jangkaunya yang sungguh luas dan tanpa merugikan korban jiwa. Bahaya sekali bukan?

3. Laser

Tentu kamu sudah tidak asing dengan teknologi laser. Teknologi ini sering digunakan dalam berbagai kegunaan mulai dari mengobati penyakit, membuat hologram, bahkan dikembangkan sebagai alat pertahanan untuk dilibatkan dalam perang di beberapa negara. Jika perkembangan teknologi laser terus dilakukan, maka ada kemungkinan akan terjadi perang laser antar manusia seperti adegan dalam film Star Wars. Waduh keren tapi bahaya ya?

4. Internet

Hampir setiap orang zaman now sudah menguasai internet. Namun, penggunaan internet justru dapat merusak semua aspek kehidupan, terlebih jika dipakai oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Misal saja bermula dari manipulasi data dari orang yang tidak bertanggung jawab, maka akan ada banyak resiko kerugian besar yang akan dirasakan manusia, mulai dari pencurian, perpecahan, peperangan bahkan pembunuhan. Terutama jika anda mengakses darknet/deepweb, disana tersedia berbagai macam transaks ilegal, bahkan sampai jasa perencaan pembunuhan. Bahaya sekali bukan?

5. Kecerdasan Buatan

Kalau yang satu ini memang termasuk dalam teknologi yang sangat anyar, kecerdasan buatan berupa mesin-mesin yang dikembangkan manusia dan bisa melakukan segala hal secara otomatis. Di luar kelebihannya yang bisa membantu manusia, kecerdasan buatan justru dapat menjadi bumerang karena beresiko melampaui kemampuan manusia sesungguhnya yang terbatas oleh evolusi biologis. Apabila hal ini sampai terjadi, tentunya manusia menjadi sangat tidak berguna dan semuanya justru akan digantikan oleh kecerdasan buatan yang notabene tidak mengenal lelah dan lapar.

Nah itulah tadi daftar teknologi canggih yang beresiko merusak dunia bahkan alam semesta. Meskipun teknologi-teknologi canggih di atas dikembangkan dan dibuat oleh manusia, namun teknologi tersebut beresiko dapat merusak dunia di masa depan. Menurutmu, teknologi apalagi yang mempunya resiko merusak dunia? Silahkan tambahkan di kolom komentar ya.

Sumber : JalanTikus

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.