Cara Mengetahui Bahwa Komputer Terserang Virus

Cara Mengetahui Bahwa Komputer Terserang Virus

Blogotech - Cara mengetahui apakah komputer terserang virus sangat banyak sekali. Salah satunya adalah menggunakan antivirus untuk mendeteksi virus apa yang telah menyerang komputer kita. Banyak penyebab yang terjadi kenapa bisa komputer kita terserang oleh virus. Dan ada beberapa hal yang harus di hindari terlebih dahulu untuk mengatasi komputer yang bisa terserang oleh virus. Misalnya seperti melakukan browsing internet tanpa menggunakan keamanan pada komputer yang dapat menyebabkan virus dapat masuk dengan mudah.

Biasanya beberapa virus yang masuk lewat browsing selalu memasuki komputer dengan cara mengunduh file tanpa perintah dan pemberitahuan lalu memasukan virus ke dalam komputer itu sendiri secara otomatis sehingga nantinya akan membuat komputer kamu menjadi sarang virus. Nah oleh karena itu hendaknya kamu mengetahui tips dan hal penting agar dapat mendeteksi bahwa komputer kamu terserang virus.

Beberapa hal penting yang sering terlewatkan ketika kamu melakukan unduhan file, yaitu pastikan bahwa kamu melakukan pengunduhan melalui situs yang terpercaya dan juga melakukan scan file terhadap file yang akan dan telah di download karena biasanya file yang telah kamu download tersebut mengandung virus yang bisa merusak komputer.

Hindari pula ketika kamu sedang melakukan transfer file melalui flashdisk, karena flashdisk sendiri terkenal dengan perangkat yang paling rawan di serang oleh virus, bahkan beberapa virus bisa langsung mematikan antivirus dan juga mematikan beberapa sistem di komputer kamu hanya dalam hitungan menit. Jadi hendaknya lakukan tranfer file menggunakan hardisk external atau internal.

Cara Mengetahui Bahwa Komputer Terserang Virus

Cara-Mengetahui-Bahwa-Komputer-Terserang-Virus
Komputer Terserang Virus
Ketika komputer terserang virus maka akan ada beberapa gejala yang terjadi secara umum, salah satunya adalah komputer yang selalu restart sendiri dan selalu mati. Pada kasus ini biasanya virus menyerang pada host komputer sehingga akan menyebabkan komputer terhenti dan merestart sendiri.

Dalam hal lain virus juga bisa menyerang berbagai program baik itu program internal ataupun external program yang selalu di serang itu biasanya adalah task manager. Jadi sering sekali jika task manager tidak bisa di buka kemungkinan besar sudah di disable oleh virus.

Namun biasanya yang umum sering terjadi ketika komputer atau laptop terserang virus maka aplikasi tidak akan bisa di buka karena data di dalam aplikasi tersebut telah di serang dan menyebabkan data menjadi corrupt dan lebih banyak data di dalam komputer termasuk data yang kamu simpan akan menjadi corrupt sehingga tidak bisa terbuka karena telah di serang oleh virus.

Untuk mencegahnya pastikan setelah menginstall komputer atau laptop pertama-tama instalkan antivirus untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Setelah itu baru kamu bisa mencoba menginstall aplikasi yang ingin kamu install. Untuk mengembalikan file yang terkena virus kamu bisa mencoba dengan cara scan file tersebut apakah file masih bisa di kembalikan seperti semula atau tidak. Namun biasanya file yang telah terinfeksi virus tidak akan bisa di buka dan benar-benar harus di hapus atau di karantina.

Virus kebanyakan menyerang saat kamu mengunjungi web-web di internet karena banyaknya file atau blog yang mengandung virus yang sengaja di letakan untuk mencuri data pengguna. Oleh karena itu hendaknya kamu harus berhati-hati saat sedang berselancar di dunia internet dan juga harus hati-hati terhadap data yang tersimpan di cookie browser dan komputer seperti id dan pasword internet banking, data-data kartu kredit dan lain-lainya.

Ketika kinerja komputer kamu menjadi sangat lambat sedangkan untuk pemakaian disk dan juga ram yang tidak terlalu banyak maka ada kemungkinan ini juga salah satu ulah virus yang dapat membuat memori dan kinerja komputer semakin banyak dan pada akhirnya membuat komputer menjadi lambat. Namun biasanya pada kasus seperti ini komputer yang telah melambat tersebut tidak bisa diselamatkan lagi dan terpaksa harus dilakukan install ulang untuk memperbaikinya.

Selain mendadak mati kamu dapat menjumpai pesan yang dalam bahasa aneh atau seperti bahasa alien yang tidak mungkin kamu ketahui. Perlu kamu ketahui bahwa itu adalah bahasa virus yang sengaja di jalankan untuk merusak sistem komputer. Namun jika kamu menemukan tulisan seperti bahasa alien ini bukan hanya pada 1 atau 2 buah namun di seluruh isi komputer kamu terdapat tulisan tersebut maka itu menandakan bahwa virus sudah menyebar dan merusak beberapa kinerja sistem pada komputer.

Oleh karena itu jika kamu menemukan tulisan seperti bahasa alien ini maka kamu tidak akan bisa menghapusnya dan ada peringatan bahwa file tersebut tidak bisa di hapus. Maka yang harus kamu lakukan adalah meng-scan komputermu menggunakan antivirus secara penuh untuk menghapus virus secara keseluruhan dan juga mencegah virus menjangkiti file lainya.

Nah beberapa informasi di atas adalah untuk mengetahui dan mencegah jika komputer atau laptop pribadi kamu terserang virus dari internet. Selain itu kamu juga harus mengetahui gejala yang akan terjadi dan efeknya ketika virus sudah menyerang agar dapat diantisipasi secepat mungkin dan tidak memakan banyak data pribadi kamu. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Jika ada yang ingin kalian tambahkan atau tanyakan bisa berkomentar pada kolom komentar di bawah ini ya. Terima kasih.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.