Cara Menampilkan Task Manager yang Disable di Windows

Cara Menampilkan Task Manager yang Disable di Windows

Task Manager Windows - Blogotech, Task manager adalah program bawaan yang ada di windows yang sangat berfungsi untuk mengatasi masalah yang sering terjadi pada komputer. Dengan task manager ini kamu juga bisa mengatasi beberapa masalah seperti aplikasi yang tidak bisa di close, atau pun not responding maka kamu dapat menggunakan program task manager ini. Tapi apa jadinya jika program task manager tersebut tidak berjalan (disable). Apakah kamu bisa mengatasinya?

Ada beberapa hal yang membuat program task manager tidak dapat berjalan dengan semestinya, salah satunya ialah disebabkan oleh virus. Pada saat virus menyerang sistem komputer maka virus tersebut juga dapat melumpuhkan beberapa program penting di komputer dan salah satunya adalah program task manager yang menjadi disable. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena program tersebut masih bisa ditampilkan seperti semula. Bagaimana caranya? Langsung saja berikut cara menampilkan task manager yang disable di windows :

Cara Menampilkan Task Manager yang Disable di Windows

1. Menggunakan Antivirus


pertama tama kamu bisa menggunakan cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan antivirus smadav, ternyata antivirus ini sangat berguna untuk menampilkan dan menghilangkan beberapa program penting dan mudahnya lagi bahwa antivirus ini juga dapat menampilkan lagi aplikasi yang telah di disable oleh virus! seperti aplikasi task manager namun untuk menggtunakan vitur dari antivirus samdav ini kamu harus membeli lisensi atau membuat antivirus tersebut menjadi pro barulah kamu bisa menggunakan fitur tersebut.

2. Menggunakan GPEDIT

Cara kedua menampilkan task manager yang di disable adalah dengan menggunakan gpedit. Berikut langsung saja caranya :

  • Buka menu Run kemudian ketik gpedit.msc di run lalu tekan enter.
  • Pilih User Configuration, dan klik administrative templates
  • Pilih System kemudian Ctrl+Alt+Del Options
  • Pada panel sebelah kanan klik ganda pada Remove Task manager
  • Ubah dari not recomend menjadi Disable
  • Kemudian restart komputermu

Cara dengan menggunakan gpedit ini juga sangat mudah untuk menampilkan task manager yang di disable oleh virus ataupun hal lainya. Namun cara di atas hanya dapat dilakukan di windows 7, pada windows 10 cara yang satu ini tidak akan berkerja.

3. Menggunakan Tool Task maneger fix

Tool ini sama seperti dengan tool di atas yang kegunaannya untuk membuka aplikasi task manager windows yang disable. Caranya sangat mudah kamu hanya tinggal download aplikasi tool task manager tersebut di google dan melakukan fix (perbaikan) pada aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut akan berjalan otomatis dan setelah itu akan merestart sendiri komputer kami. Setelah masuk lagi ke desktop maka aplikasi task manager windows akan berjalan seperti sedia kala. Namun ada kalanya juga cara ini gagal karena virus yang semakin bermutasi, namun jangan khawatir kamu dapat mencoba yang lainnya seperti di bawah ini.

4. Menggunakan Regedit

Ini merupakan cara untuk meng-enable sistem restore yang disable. Adapun cara melakukan enable task manager windows yang disable dengan cara berikut:

  1. Klik Start -> Run lalu ketik regedit
  2. Tuju ke alamat :  “HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Policies/Microsoft/Windows NT/System Restore/”
  3. Di panel sebelah kanan, hapus 2 buah DWORD yaitu “DisableConfig” dan “DisableSR”
  4. Kemudian restart komputer kamu
  5. Setelah melakukan cara di atas, sistem restore akan kembali seperti sedia kala, bisa di on/off kan lagi
  6. Sebaiknya sistem restore ini dimatikan untuk keamanan dalam komputer kamu dan juga ini dapat memakan ruang harddisk yang lumayan besar dan akan terus bertambah untuk mengawasi setiap kinerja yang dilakukan di komputer.


Cara di atas adalah untuk enable registri editor yang mungkin bisa terkena virus sehingga mungkin akan membuatmu kesulitan ketika ingin menampilkan aplikasi task manager. Karena reg editor tadi juga di disable oleh virus tersebut maka salah satu cara untuk mengenabelkan reg editor ini ialah dengan membuka task manager yang di disable.

Nah itulah tadi beberapa cara dan tips untuk  menampilkan task manager windows yang di disable. Apabila kamu sudah menggunakan cara-cara di atas namun aplikasi task manager windows memang tidak tampil juga maka cara lainnya ialah dengan melakukan repair pada OS windowsmu. Apabila repair masih juga tidak bisa maka kamu perlu melakukan instalasi ulang pada sistem komputer kamu.

Masih banyak lagi mungkin cara yang bisa kamu gunakan untuk membuka aplikasi task manager windows yang di disable oleh virus. Biasanya virus seperti ini selalu ada pada aplikasi artav. Ketika kamu menggunakan aplikasi ini maka otomatis semua aplikasi penting di dalam komputer kamu akan di disable oleh virus yang telah melakukan perantara melalui aplikasi tersebut. Selain artav masih banyak lagi virus lainya seperti virus visual basic. Oleh karena itu jangan lupa untuk terus mengecek komputermu dan melakukan perawatan baik dengan mengupdate antivirus dan juga lainnya. Sekian dulu artikel kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.