Cara Bayar Tagihan BPJS Online Via ATM

Cara Bayar Tagihan BPJS Online Via ATM

Bayar Tagihan BPJS - Karena kemajuan teknologi yang semakin berkembang dari hari ke hari, sistem pembayaran pun kini jadi lebih mudah. Kini cara bayar tagihan BPJS online via atm sudah bisa dilakukan oleh masyarakat. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu lagi mengantri berjam-jam dikantor BPJS hanya untuk membayar iuran BPJS bulanan. Meskipun hal ini sudah diketahui banyak orang, namun ternyata masih ada sebagian masyarakat yang lebih memilih untuk melakukan pembayaran tagihan BPJS secara manual. Padahal dengan sistem pembayaran yang lebih modern bisa lebih memudahkan dan mengefisienkan waktu.

Bayar-tagihan-bpjs
BPJS Kesehatan
Salah satu kendala mengapa masih banyak masyarakat yang menggunakan cara manual salah satunya karena belum mengetahui cara pembayaran online yang praktis dengan baik. Untuk itu, berikut informasi mengenai hal-hal apa saja yang harus anda perhatikan untuk bisa mengaplikasikan tata cara bayar tagihan BPJS online via atm:

Bank - Agar bisa membayar tagihan BJS melalui ATM tentunya anda harus memiliki akun rekening bank. Namun tidak semua bank melayani pembayaran BPJS. Jadi, sebelum anda pergi ke ATM dengan niat untuk membayar tagihan BPJS pastikan terlebih dahulu apakah bank anda melayani pembayaran BPJS atau tidak. Beberapa bank yang melayani pembayaran tagihan BPJS diantaranya BRI, Bank Mandiri, dan BNI. Jika anda memiliki akun rekening di salah satu dari Bank tersebut berarti anda bisa melakukan pembayaran iuran BPJS via atm.

Saldo Rekening - Saat akan mengaplikasikan cara bayar tagihan BPJS online via atm, pastikan bahwa saldo direkening anda mencukupi. Tidak sedikit yang mengalami kejadian dimana sudah mendatangi atm dan akan melakukan pembayaran tagihan BPJS ternyata saldo tidak mencukupi dan akhirnya harus mengantri ke kantor BPJS untuk melakukan pembayaran secara manual. Jadi, pastikan untuk mengecek saldo jika ingin melakukan pembayaran BPJS via atm.

Waktu pembayaran - Para pengguna layanan BPJS harus tahu bahwa pembayaran iuran tiap bulannya yaitu paling lambat sampai dengan tanggal 10. Jadi jangan heran jika ketika anda melakukan pembayaran lebih dari tenggat tanggal tersebut maka tagihan anda naik 2%. Itu adalah bentuk dari denda. Jadi, pastikan untuk selalu membayar tepat pada waktunya untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang merugikan seperti itu.

Jika semua hal tersebut diatas sudah anda persiapkan dengan baik, kini saatnya kita membahas tentang tata cara bayar tagihan BPJS online via atm sesuai dengan Bank yang anda tuju:

BRI - Untuk melakukan pembayaran via atm BRI, anda harus tahu terlebih dahulu bahwa ada kode khusus yang digunakan untuk transaksi pembayaran. Untuk Bank BRI, kode yang yang harus dimasukkan nanti ialah 88888. Selanjutnya, masukkan kartu atm BRI anda kedalam mesin atm. Lalu pilih bahasa yang ingin anda munculkan dilayar. Selanjutnya masukkan nomor pin rekening anda. Pastikan anda menutupnya dengan tangan anda untuk menjaga kerahasiaan pin. Lalu, pilih menu 'Transaksi Tunai' pada menu yang muncul dilayar. Lalu pilih 'Transaksi Lainnya'. Pada layar akan muncul menu selanjutnya dan pilihlah menu 'Lainnya' dan cari menu 'BPJS'. Kemudian pilih 'BPJS Kesehatan'. Selanjutnya, masukkan nomor kode khusus tadi dengan 11 nomor virtual akun BPJS anda. Misalnya nomor virtual akun anda ialah 13085632356 maka anda tambahkan didepannya dengan kode 88888. Sehingga angka yang anda masukkan ialah 8888813085632356. Selanjutnya, akan muncul informasi data. Perhatikan apakah sudah sesuai dengan data anda. Lalu masukkan nominal total biaya yang harus anda bayar. Dan selesai.

Bank Mandiri - Untuk Bank Mandiri, kode khusus yang harus anda masukkan nantinya ialah 89888. Cara bayar tagihan BPJS online via atm Mandiri, masukkan kartu atm anda. Pilih bahasa yang ingin digunakan kemudian masukkan pin anda dengan benar. Kemudian lihat menu yang muncul dan pilih 'Bayar/Beli'. Lalu pilihlah menu 'Lainnya' yang muncul di layar. Selanjutnya cari menu 'BPJS' dan bila sudah ketemu langsung tekan. Pilih layanan BPJS yang ingin anda bayar tagihannya misalnya 'BPJS Kesehatan'. Kemudian pilih apakah anda ingin membayar 'Individu' atau 'Badan Usaha'. Selanjutnya masukkan kode khusus 89888 diikuti 11 angka nomor virtual akun BPJS anda. Misalnya jika nomor akun anda 16563352789 maka anda menginputnya dengan 8988816563352789. Jika sudah, tekan 'Benar' dan masukkan jumlah bulan yang ingin anda bayarkan apakah 1 bulan atau 2 bulan, dst lalu tekan 'Benar'. Maka akan muncul pada layar informasi pembayaran yang ingin anda lakukan. Baca terlebih dahulu apakah sudah sesuai atau belum. Kemudian pilih 'Ya' dan proses selesai.

BNI - Untuk cara bayar tagihan BPJS online via atm BNI sama dengan kedua cara diatas. Kode khusus yang digunakan untuk dimasukkan bersama nomor virtual akun BPJS anda ialah 88888. Tekniknya, masukkan kartu atm BNI anda kedalam mesin atm. Masukkan nomor PIN dan pilih menu 'Lainnya'. Selanjutnya pilih menu 'Pembayaran'. Pada banyaknya menu yang muncul, cari dan pilih menu 'JKN/BPJS'. Kemudian masukkan kode khusus 88888 diikuti dengan 11 nomor virtual akun BPJS anda. Misal jika nomor virtual akun anda adalah 13085653253, maka anda tinggal memasukkan angka 8888813085653253. Cek kembali angka yang dimasukkan, jika sudah benar tekan 'Benar'. Isikan jumlah bulan yang ingin anda bayar kemudian akan muncul rincian informasi tagihan yang harus anda bayar. Pilih sumber dana yang anda gunakan untuk membayar apakah Giro atau Tabungan. Proses selesai.

Pada dasarnya, pembayaran melalui atm kini bisa dilakukan untuk apa saja. Mulai dari membeli pulsa, tagihan listrik, sampai tagihan asuransi seperti BPJS ini. Dengan memberikan layanan pembayaran sistem online seperti ini, diharapkan masyarakat akan lebih dimudahkan dalam prosesnya sehingga tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengantri dan akhirnya malah tidak produktif.

Keuntungan dari membayar tagihan BPJS secara online melalui atm tentu saja memberikan kenyamanan bagi para pelanggan BPJS. Dengan cara seperti ini, masyarakat bisa lebih menghemat waktu dan tenaga sehingga bisa memanfaatkannya untuk mengerjakan hal lainnya daripada harus digunakan untuk mengantri saja. Itulah mengapa teknologi modern yang saat ini ada sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat karena segala sesuatunya jadi lebih mudah dan praktis.

Selain dengan atm, sebenarnya anda bisa juga membayar tagihan menggunakan akun rekening bank anda melalui SMS banking maupun internet banking. Ini lebih memudahkan lagi karena anda bisa melakukan pembayaran kapanpun dan dimanapun. Yang harus anda perhatikan ialah mengingat kode khusus sesuai dengan Bank anda misalnya 89888 untuk Bank Mandiri. Ada juga beragam aplikasi yang menyediakan layanan pembayaran secara online. Namun tentunya anda harus bersikap lebih waspada agar data-data penting anda tidak disalahgunakan oleh orang lain. Itulah informasi terkait cara bayar tagihan BPJS online via atm  yang kini semakin dikenal masyarakat. Semoga ini juga bisa memberikan anda kemudahan dalam membayar tagihan BPJS anda. Selamat mencoba!

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.