2 Cara Flash HP Android Tanpa PC atau dengan PC

Cara Flash Android Tanpa PC atau dengan PC - Cara flash hp sangat mudah dengan menggunakan metode recoveri dan menggunakan software bawaan hp. Flash sendiri dilakukan ketika terjadi masalah seperti bootloop, gangguan virus atau malware, force stop dan masih banyak lagi gangguan yang bisa kamu temukan lainnya nanti yang mana metode kerusakan atau error seperti ini dapat diatasi dengan cara menggunakan flash untuk memperbaiki hp tersebut. Dengan cara melakukan flash ada kemungkinan hp yang rusak tersebut masih bisa diselamatkan.

Cara-flash-hp-Android-tanpa-PC-atau-dengan-PC
Flash HP Android
Flash atau bisa di sebut dengan penginstalan ulang sistem operasi tersebut, ketika hp kamu sudah melakukan updatean terbaru dan sesudah melakukan flash maka semua tampilan tersebut akan kembali kepada pengaturan tampilan awal dan tampilan lawas atau lama hp tersebut!

Flash biasanya digunakan oleh hp yang sedang dalam gangguan atau benar-benar error dalam pemakaian software, seperti bootloop, softbrick, HP yang mati bahkan hingga HP yang sudah mati total sekalipun. Menggunakan flashing akan menginstall kembali sistem operasi yang telah rusak menjadi seperti semula. Selain flash dapat menginstal ulang, menggunakan flashing juga bisa untuk memodifikasi sistem operasi dengan fitur-fitur di luar yang disediakan hingga Custom ROM pada smartphone. Flashing juga bisa memungkinkan kita untuk mengupgrade atau pun mendowngrade sistem operasi pada smartphone.

Fungsi Flashing pada HP Android

Fungsi dari flash hp sendiri sangat banyak sekali, terlebih dalam mengatasi masalah-masalah yang terjadi pada smartphone kamu. Hal ini karena kerusakan paling rentan terjadi pada bagian software dan hal inilah yang mampu diatasi dengan melakukan flashing. Kemungkinan kamu dapat memperbaiki hp seperti sediakala dan juga fungsi dari smartphone kamu seperti awal dengan melakukan flashing. Tentu saja bukan saja masalah yang biasa terjadi pada software, karena bila ternyata hardwarenya yang mengalami kerusakan maka tidak mungkin bisa teratasi dengan menggunakan flashing. Beberapa masalah yang biasanya terjadi dan diselesaikan dengan flashing diantaranya adalah:

  • Smartphone yang sering hang
  • Aplikasiyang suka berhenti secara tiba-tiba
  • Smartphone yang mengalami bootloop
  • Smartphone tidak merespon boot 
  • Lupa kata sandi ataupun kunci pola pada smartphone


Cara Melakukan Flashing

1. Menggunakan Recovery

Cara pertama melakukan flashing adalah dengan menggunakan recovery dari sistem yang sudah tersedia pada smartphone yang kamu miliki. kamu bisa menggunakannya dengan cara masuk terlebih dahulu ke dalam menu pengaturan dan pilihlah menu recovery HP. Sebelum melakukan recovery kamu akan ditawarkan untuk membackup data terlebih dahulu. Sebaiknya kamu melakukannya jika memang kamu memiliki beragam data penting pada smartphone kamu. Kamu bisa melakukan penyimpanan melalui aplikasi penyimpanan eksternal maupun membackup pada kartu memory eksternal atau memindahkan data ke perangkat lain seperti PC dan laptop.

Selanjutnya kamu bisa mengaktifkan proses recovery dan tunggu loading berjalan beberapa saat hingga akhirnya operasi sistem kamu akan tampil seperti smartphone yang baru saat kamu beli. Selain dengan cara tersebut kamu juga bisa menggunakan fasilitas kombinasi tombol volume dan tombol power untuk masuk ke dalam menu recovery, tetapi sebelumnya kamu harus mematikan smartphone kamu terlebih dahulu.

Namun penggunaan fitur pada recovery ini hanya bisa digunakan untuk masalah smartphone yang tidak terganggu pada proses pengaktifan dan masih bisa digunakan. Jika kamu memiliki masalah pada kasus smartphone yang mati suri atau mati total tentunya kalian tidak bisa menggunakan langkah ini.

2. Menggunakan Box Flasher

Cara kedua unuk melakukan flashing hp adalah dengan menggunakan box flasher. Aplikasi ini tentu saja banyak digunakan oleh jasa service hp Jadi jika kalian ingin menggunakan langkah ini kalian harus membeli alat Box Flasher tersebut. Harga untuk aplikasi ini juga terbilang mahal. Namun sesuai dengan harganya aplikasi ini memiliki kelengkapan yang cukup banyak dan juga support untuk beragam jenis HP adalah UFS HWK Tornado.

Langkah untuk melakukan flashing menggunakan Box flasher yaitu:

  1. Pertama kamu harus melakukan installasi Box flasher ke PC kamu.
  2. Setelah prosesi installasi selesai, kamu bisa segera menyambungkan HP ke Box Flasher kamu dengan menggunakan kabel flash
  3. Lalu jalankan software UFS, pilih tipe smartphone kamu di bagian kanan bawah toolbar UI setting dan klik pada tool bar Check setelahnya.
  4. Setelah itu kamu lihat pada bagian bar yang terdapat nama smartphone kamu lalu, klik pada kolom product dan pilihlah type smartphone kamu.
  5. Setelah selesai maka kamu harus mengisi kolom Mcu, PPM dan CNT sesuai dengan type smartphone kamu
  6. Jika proses semua di atas telah kamu selesaikan maka tinggal klik “Start” atau “Flash” yang memiliki fungsi berbeda.

Setelah menyelesaikan proses diatas maka hp kamu akan berhasil di flash dan berjalan seperti sediakala dan juga bisa normal kembali. Jika proses flash gagal biasanya hp kamu akan terkena bootloop dan juga mungkin bisa mati total oleh karena itu pastikan jika ingin melakukan flash terlebih dahulu untuk mengetahui aplikasi yang cocok dengan perangkat android kamu. Demikian artikel tentang 2 cara flash hp android menggunakan pc dan tanpa pc. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Dan apabila ada yang ingin anda tanyakan serta tambahkan bisa berkomentar pada kolom komentar di bawah ini.

No comments for "2 Cara Flash HP Android Tanpa PC atau dengan PC"