5 Kelebihan Pakai Smartphone dengan Stock Android

5 Kelebihan Pakai Smartphone dengan Stock Android

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sebagian vendor smartphone android selalu “mendandani” android mereka agar terlihat unik. Xiaomi dengan MIUI-nya, Samsung dengan TouchWiz-nya, dan lain-lain. Memang, dengan segala pernak pernik yang ditambahkan vendor ke android akan jadi sedikit lebih menarik. Tapi sebenarnya, Stock Android (Android murni tanpa modifikasi) tetap lebih baik. Mau tahu kenapa? Berikut blogotech lampirkan 5 kelebihan menggunakan android stock :

Keamanan

Salah satu kritik yang sering dilayangkan kepada android, terutama dari para pengguna iOS adalah masalah keamanan. Selama bertahun-tahun, ditemukan beberapa masalah keamanan di android (baik yang kecil maupun besar).

Memang, Google secara cepat menambal celah-celah keamanan yang ditemukan. Jika kamu menggunakan Stock Android, kamu tentu bisa mendapatkan penambalan celah keamanan tersebut dengan cepat.

Tapi sayangnya kamu tidak bisa mendapatkan update tersebut dengan cepat jika menggunakan android yang sudah di kustom oleh vendor. Itu karena vendor harus memodifikasinya terlebih dahulu sebelum memberikan update tersebut ke seluruh perangkat buatannya.

Karenanya, jika ingin mendapatkan update celah keamanan secara lebih cepat, gunakanlah smartphone android dengan stock android.

Dapat update android terbaru lebih cepat

Hampir mirip dengan masalah keamanan diatas. Google juga selalu memperbaharui sistem operasi berlogo robot hijau tersebut secara berkala. Tapi, update tersebut tidak akan bisa “jatuh” ke tangan kamu dengan cepat jika menggunakan android yang sudah di kustom oleh vendor. Karena vendor harus memodifikasi stock android agar sesuai dengan ciri khas nya.

Berbeda jika kamu menggunakan stock android, setiap kali ada update, kamu akan mendapatkannya secara cepat. Itu karena tidak perlu lagi ada modifikasi dari vendor.

Lebih sedikit bloatware

Kamu pasti sudah tahu bukan kalau di smartphone android ada banyak sekali aplikasi yang kadang tidak kamu gunakan? Terutama jika android yang kamu gunakan sudah dimodifikasi oleh vendor.

Sering sekali vendor menambahkan aplikasi-aplikasi buatan mereka. Seperti aplikasi App Store buatan sendiri, pesan instan buatan sendiri, dan masih banyak lagi.

Performa yang lebih baik dan penyimpanan menjadi lebih banyak tersedia

Dengan lebih sedikit aplikasi bloatware, tentu akan lebih banyak penyimpanan yang tersedia. Bisa kamu gunakan untuk menyimpan file-file penting dan menginstall aplikasi lainnya. Dengan sedikit bloatware pula, smartphone kamu akan punya performa yang lebih baik. Karena lebih sedikit aplikasi bloatware yang berjalan di latar belakang.

Bebas pakai launcher yang diinginkan

Jika menggunakan smartphone Samsung, kamu sudah pasti menggunakan TouchWiz. Jika menggunakan smartphone Xiaomi, mau tidak mau kamu pasti menggunakan MIUI.

Memang, kamu bisa menggunakan launcher lain. Tapi dengan menggunakan stock android, kamu akan lebih leluasa dalam mengubah tampilan smartphoone android. Mulai dari launcher sampai dengan icon pack, semuanya bebas kamu pilih dan download dari Google Play.

Nah itulah tadi 5 kelebihan yang menjadikan kenapa sebaiknya kamu menggunakan smartphone dengan stock android. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menggunakan smartphone dengan stock android?

Sumber : ngonoo.com

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.