Daftar Kemungkinan Jurusan Kuliah Baru di Dunia Masa Depan

Daftar Kemungkinan Jurusan Kuliah Baru di Dunia Masa Depan

Jurusan Kuliah Baru di Dunia Masa Depan - Blogotech, Siapa yang menyangka bila kecanduan pada sosial media kini bisa mengantarkanmu pada gelar sarjana. Ya, di era teknologi ini, segalanya ikut berubah, termasuk pendidikan hingga jurusan kuliah.

Melansir dari Mashable, era teknologi juga mengubah beragam sektor seperti karier. Kini, banyak bermunculan karier seperti blogger profesional hingga manajer sosial media. Hal ini membuat sejumlah universitas terus melakukan inovasi dalam menambahkan jurusan yang cocok bagi kaum milenial.

Menurut The Princeton Review, perguruan tinggi paling populer di AS condong mengunggulkan jurusan-jurusan lawas seperti studi bisnis, psikologi, dan keperawatan.

Namun, pakar perguruan tinggi Suzanne Luse mengatakan, ada beberapa keterampilan dasar yang harus dimiliki setiap mahasiswa di zaman sekarang.

"Tak masalah apa jurusan kuliah yang kamu ambil, tetapi kamu harus memiliki keterampilan teknis. Semua orang perlu tahu bagaimana cara coding," kata Luse.

Nah, seiring era teknologi yang terus berkembang, jurusan kuliah baru pun bermunculan. Apa saja? Berikut deretan jurusan kuliah baru dan diprediksi akan berkembang di masa mendatang :

Media sosial

Seperti yang dikatakan tadi, media sosial bisa mengantar kamu menjadi sarjana. Contohnya di Newberry College di South Carolina yang menawarkan jurusan media sosial pada 2013 lalu.

Media baru

Kini media tak berkutat lagi di ruang kertas. Media berkembang sama pesatnya dengan pertumbuhan teknologi. Saat ini saja media online menjadi sarana mencari berita bagi sebagian besar masyarakat. Dengan demikian, jurusan media baru dibuka di sejumlah sekolah misalnya Baylor dan Maine College of Art.

Nanoteknologi

Jurusan ini akan membuat kamu berkutat dengan studi ilmiah terkait atom dan molekul. Namun hingga tahun 2001 tak ada universitas yang membuka jurusan kuliah di bidang nanoteknologi ini. Tetapi kini University of Toronto, Louisiana Tech University, University of Wisconsin, dan sejumlah universitas lain telah menawarkan kamu jurusan kuliah di bidang nanoteknologi.

Robotika

Seperti dikatakan sebelumnya, era teknologi telah merangsek ke berbagai sektor termasuk karier dan pendidikan. Robot digadang-gadang sebagai pengganti pekerjaan manusia. Oleh sebab itu dibutuhkan tenaga ahli yang bisa membuat robot atau mengontrolnya. Worcester Polytechnic Institute sejak 2007 telah membuka jurusan Robotika.

Digital Forensik

Berdasarkan Forensic Magazine, digital forensik adalah penerapan ilmu komputer dan prosedur investigasi untuk tujuan hukum. Di dunia, ada sejumlah kampus yang telah membuka jurusan terkait ilmu digital forensik seperti University di Pennsylvania.

Sumber : Okezone

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.