10 Fitur Spesial Oppo F3 yang Masih Banyak Tidak Diketahui Pengguna

10 Fitur Spesial Oppo F3 yang Masih Banyak Tidak Diketahui Pengguna

Fitur Spesial Oppo F3 - Blogotech, Ketika meluncurkan F3 di Indonesia, Oppo memang sangat mengedepankan sektor fotografi sebagai fitur andalannya, khususnya kamera selfie. Hal yang wajar karena memang Oppo F3 dibekali kamera depan ganda yang terdiri dari satu kamera 16 megapixel untuk selfie, dan kamera kedua 8 megapixel dengan sudut lebar 120 derajat untuk group selfie.

Meski begitu, Oppo F3 bukan sekadar smartphone untuk selfie saja. Oppo menyediakan banyak sekali fitur-fitur menarik dan spesial lainnya yang sangat berguna untuk keperluan sehari-hari. Tidak percaya? Berikut blogotech sajikan 10 fitur Oppo F3 yang sering tidak diketahui oleh pengguna (mungkin termasuk Anda):

1. Clone Apps

Sesuai namanya, fitur ini berfungsi untuk kloning aplikasi. Artinya, Anda bisa menggunakan dua aplikasi yang sama sekaligus di Oppo F3. Misalnya saat Anda membutuhkan dua buah akun WhatsApp.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> pilih Clone Apps -> pilih aplikasi yang ingin Anda gandakan -> aktifkan Enable Cloning

2. Eye Protection Display

Anda pasti sering mengalami mata yang cepat lelah karena terlalu lama memandang layar smartphone. Oppo F3 menawarkan solusinya untuk meminimalisir hal tersebut lewat fitur bernama Eye Protection Display. Ketika diaktifkan, fitur ini akan meredam emisi cahaya biru berpotensi merusak retina mata. Anda pun akan lebih nyaman menikmati konten di layar.

Cara menggunakannya: masuk ke Settings -> pilih Display & Brightness -> pilih Eye Protection Display -> pilih level yang Anda inginkan, yakni Low, Medium, atau High

3. Backup kontak di O-Cloud

Tahukah Anda bahwa Oppo menyediakan layanan penyimpanan cloud khusus untuk para pengguna smartphone mereka? Ya, O-Cloud. Dengan O-Cloud, Anda bisa mem-backup Kontak dan SMS di Oppo F3 Anda ke cloud sehingga lebih aman. Anda pun bisa mengembalikan hasil backup tersebut ke smartphone saat dibutuhkan.

Cara menggunakannya: masuk ke Settings -> pilih O-Cloud -> pilih Contacts atau SMS (reminder: Anda harus terhubung ke internet untuk menikmati fitur ini)

4. Real Sound Technology

Oppo F3 memiliki fitur khusus yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas audio agar Anda mendapatkan pengalaman yang lebih memuaskan. Fitur yang disebut Real Soundtrack Technology ini dikembangkan oleh Oppo bersama dengan Dirac Research AB. Untuk menikmatinya, Anda harus memakai headset.

Cara mengaktifkannya: masuk ke Settings -> pilih Sound & Vibrate -> lalu pilih Real Sound Technology di baris paling bawah

5. Mengunci/enkripsi aplikasi, buka dengan sidik jari

Jika Anda memiliki aplikasi tertentu yang tidak ingin dibuka oleh siapapun kecuali Anda sendiri, Anda bisa memanfaatkan sensor sidik jari yang terletak pada bagian bawah layar. Selain untuk unlock smartphone, sensor sidik jari ini bisa juga menjadi kunci untuk membuka aplikasi yang Anda tutup rapat-rapat.

Cara menggunakannya: masuk ke Settings -> pilih Fingerprint & Passcode -> lalu aktifkan App Encryption -> buat pattern dan simpan sidik jari Anda -> keluar dari Settings -> masuk ke aplikasi Security (biasanya ada di Home) -> pilih Privacy Permissions -> klik App Encryption lalu pilih aplikasi yang ingin Anda enkripsi

6. Mengambil screenshot dengan tiga jari

Screenshot bisa diambil dengan menekan tombol power dan volume down bersamaan. Akan tetapi, ada cara lain yang lebih cepat. bisa Anda manfaatkan adalah menggunakan tiga jari. Lebih cepat, dan pastinya lebih mudah. Anda hanya perlu menempelkan tiga jari, lalu melakukan gerakan sapuan ke bawah.

Untuk mengaktifkannya: Buka Settings -> pilih Gesture & Motion -> pilih Quick Gesture -> lalu aktifkan Gesture Screenshot.

7. Buka aplikasi langsung saat layar mati

Oppo F3 dibekali fitur gesture yang memungkinkan Anda mengakses aplikasi langsung dari kondisi layar mati/terkunci. Fitur ini sangat bermanfaat misalnya ketika Anda ingin buru-buru menyalakan kamera untuk memotret momen berharga.

Cara mengaktifkannya: Buka Settings -> pilih Gesture & Motion -> pilih Screen-Off Gesture -> lalu nyalakan dan pilih yang kamu butuhkan seperti Tap dua kali untuk menyalakan layar, menggambar O untuk membuka kamera, dan menggambar V untuk menyalakan senter. Anda juga bisa menambahkan Screen-Off Gesture sesuai keinginan kamu sendiri!

8. Oppo App Store

Tahukah Anda bahwa Oppo memiliki toko aplikasi sendiri yang dikhususkan untuk para pengguna smartphone-nya, termasuk Oppo F3? Sekilas memang mirip Google Play Store. Namun ternyata, cukup banyak hal-hal yang membuat Oppo App Store menarik dan berbeda dari toko aplikasi garapan Google tersebut.

Aplikasi Oppo App Store bisa Anda temukan di F3 secara langsung. Jika bingung mencarinya, Anda bisa menggunakan fitur Search. Selain untuk memudahkan menemukan aplikasi, fitur Search ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencari kontak dan pesan.

Caranya: pada halaman yang berisi deretan aplikasi (selain Home), lakukan gerakan sapuan dari atas ke bawah.

9. Blokir nomor yang tidak dikenal

Semua pengguna handphone pasti pernah mendapatkan panggilan atau SMS masuk dari nomor yang tidak dikenal. Jika Anda termasuk yang merasa hal semacam ini sangat mengganggu, Oppo F3 memiliki fitur untuk memblokir nomor yang tidak dikenal.

Cara mengaktifkannya: Buka Settings -> pilih Call -> pilih Block -> lalu aktifkan semua opsi blokir yang ada.

10. Quiet Time

Jika Anda tidak mau diganggu saat sedang konsentrasi bekerja atau mengerjakan tugas kuliah (atau mungkin saat main games), Anda bisa mengandalkan fitur Quiet Time. Sekadar informasi, mode Quiet Time akan membuat Oppo F3 dalam kondisi silent tanpa getar, kecuali untuk hal-hal penting yang memang Anda izinkan.

Caranya: buka Settings -> pilih No Disturb Mode -> atur kapan mode Quiet Time akan otomatis aktif setiap harinya. Anda juga bisa mengaktifkan mode ini secara manual.

Bagaimana? Semua fitur di atas sangat berguna, kan? Dengan begini, sekarang Anda bisa menggunakan Oppo F3 dengan lebih maksimal tentunya selain fungsi utamanya sebagai smartphone selfie andalan Anda

Sumber : Uzone

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.