Cara Mengaktifkan Fitur Narrator di Windows 10

Cara Mengaktifkan Fitur Narrator di Windows 10

Cara Mengaktifkan Narrator di Windows 10 - Blogotech, Pada sistem operasi Windows, Microsoft selalu menyematkan fitur Narrator, dimana dapat membantu pengguna yang mengalami gangguan terhadap pengelihatan (tunanetra).

Fitur Narrator tidak hanya berguna untuk pengguna tunanetra, fitur ini mungkin juga akan berguna apabila kita sedang mengalami kendala pada layar monitor yang bermasalah. Nah pada saat layar monitor bermasalah inilah biasanya fitur narrator sangat diperlukan. Tapi bagaimana cara mengaktifkan fitur Narrator ini? Berikut blogotech akan menjelaskan bagaimana cara mengaktifkan fitur Narrator pada Windows, terutama Windows 10. Pada Windows 10, fitur Narrator ini dapat anda aktifkan dengan melalui langkah berikut :

Mengaktifkan Narrator di Windows 10


  • Pertama buka Settings.
  • Kemudian pilih menu Ease of Access



  • Selanjutnya pada submenu Narrator. Anda dapat mengaktifkan fitur Narrator dengan slide opsi menjadi On pada menu Narrator.
  • Selesai


Tips: Anda juga dapat mengaktifkan fitur Narrator dengan menggunakan Shortcut WinKey + Enter. Ketika fitur ini diaktifkan, maka Windows akan membaca semua element yang tertampil pada layar, seperti teks, notifikasi yang muncul, tombol keyboard yang ditekan.

Selain itu, anda juga dapat melakukan pengaturan terhadap Narrator, diantaranya:
Voice : Disini anda dapat memilih pembicara Narrator, kecepatan Narrator dalam membaca, pitch (pola nada), dan intonasi.

Sound you hear : Disini anda dapat mengatur On/Off pada beberapa opsi seperti membaca tombol yang ditekan, kalian yang diketik, mengecilkan suara pada aplikasi lain ketika Narrator berbicara, dll.

Cursor and keys : Disini anda dapat mengatur On/Of pada beberapa opsi seperti memberi highlight pada kursor, dll.

Braille (beta) : Braille adalah sebuah sistem penulisan yang menggunakan titik-titik yang timbul. Hal ini tentunya membantu mengenali tulisan bagi penyandang tunanetra. Anda hanya perlu menginstallnya terlebih dahulu untuk mengaktifkan fitur ini.

Nah itulah tadi cara untuk mengaktifkan fitur Narrator di Windows 10. Bagaimana apakah anda sudah paham? Kalau belum silahkan bertanya di kolom komentar yaa. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Sumber : Winpoin

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.