Sadar Atau Tidak, Inilah Peran Besar Pentil Ban

Sadar Atau Tidak, Inilah Peran Besar Pentil Ban

Blogotech - Fisiknya yang kecil membuat tutup pentil ban menjadi bagian yang kurang diperhatikan. Bahkan sering disepelekan oleh pengendara mobil dan motor. Padahal tutup pentil ban memiliki peran besar karena bertugas menjaga kondisi ban.

Menurut Sales Training Manager PT Goodyear Indonesia, Andry Adam, penutup pentil ban tidak bisa dipandang sebelah mata lantaran berfungsi menjaga kebersihan bagian dalam pentil ban.

"Debu bakal masuk ke dalam jika pentil ban tidak ditutup. Serpihan debu itu yang nantinya masuk ke dalam dan mengganggu kinerja pentil. Alhasil angin yang ada di dalam ban keluar," ujar Andry.

Andry menyarankan agar kondisi pentil ban selalu diperhatikan. Bahkan jika ingin mengisi angin, pentil ban dibersihkan dahulu dengan cara disemprot angin bertekanan. Cara itu bisa membuat debu yang nempel bisa terbuang.


"Penjelasannya seperti ini, di bagian ini terdapat inside core sebagai 'pintu' keluar-masuk angin, inside core dilengkapi dengan per. Ketika tak ada tutup pentil, kotoran seperti pasir, tanah, kerikil kecil akan masuk. Terlebih saat ini mulai masuk musim hujan, kotoran yang mengering akan mengeras dan secara tak langsung menekan inside core, sehingga terjadi kebocoran angin secara halus," bebernya.

Risiko ban kurang angin memang tak akan begitu terasa ketika kendaraan melaju pada kecepatan rendah. Namun bahaya mengintai ketika dipacu dalam kecepatan tinggi.

Ketika melaju kencang ban akan ber-defleksi, efek defleksi mengakibatkan benang dan jaringan struktur ban jadi fatigue, benang dan jaringan struktur ban bisa putus dan ban pun akan pecah. "Akibatnya bisa menyebabkan kecelakaan parah," wanti pria ramah ini.

Tutup pentil juga tak boleh sembarangan asal pakai karena ada standar spesifikasi tertentu. Pastikan ada sil karet pada tutup pentil, kemudian ukuran dan ulir harus pas. Mengenai tutup pentil aksesoris tak masalah dipakai, asalkan bentuk dalamnya sesuai standar.

Saat ini pentil sendiri dibagi dua, yakni pentil yang terintegrasi dengan ban dalam, kemudian pentil independen yang biasa dipakai pada ban tubeless. "Untuk pentil khusus ban tubeless saat ini semua yang beredar masih impor, karena pabrikan lokal belum ada yang produksi pentil jenis ini," terang Andry lagi.

Sumber : metrotv

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.