Perbedaan Sony Xperia Global dan Docomo

Perkembangan Sony Xperia di kancah smartphone Indonesia memang sedikit tersendat, walau pihak Sony sendiry masih terus mengembangkan ponsel terbarunya ini, namun terkait aturan TKDN yang di regulasikan pemerintahan Indonesia, membuat penjualan seri Xperia terbaru, khususnya seri X dihentikan penjualannya di Indonesia.

Menurut asus.com, Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) adalah nilai isian dalam persentase dari komponen produksi dalam negeri termasuk biaya pengangkutannya yang ditawarkan dalam item penawaran harga barang maupun jasa. Dimana Kemenperin memberlakukan aturan TKDN sebesar 30% untuk perangkat 4G.

Walaupun penjualan Sony Xperia telah di hentikan di Indonesia, namun hal ini membuat beberapa pihak melakukan ulah ilegal, salah satunya dengan melakukan penjualan barang black market. Smartphone xperia sendiri sering di datangkan melalui pasar gelap ini, yang kebanyakan berasal dari jepang. Biasanya ponsel xperia asal jepang di gandeng oleh perusahaan pertelekomunikasian asal negeri sakura tersebut, salah satunya NTTDoCoMo. Di Indonesia menjamurnya ponsel xperia keluaran docomo membuat bingung beberapa pihak, selain harganya yang jauh di bawah harga resmi, apa saja perbedaan antara ponsel xperia resmi (global) dengan ponsel keluaran jepang (docomo) tersebut?

Ponsel keluaran docomo biasanya memiliki logo khas docomo pada ponsel tersebut, biasanya pada ponsel xperia, tulisan tersebut ada pada shatterproof yang terletak pada layar ponsel. Namun beberapa pengguna berhasil mengakalinya dengan mencopot tulisan tersebut pada ponsel xperia agar susah di bedakan dengan ponsel resmi.

Selain itu terdapat pula beberapa perbedaan lain, yaitu terdapatnya kode nama/ kode seri ponsel yang mana biasanya seri resmi mempunyai kode seri kombinasi angka dan huruf seperti pada ponsel keluaran terbaru xperia XZ Premium yang memiliki G8141, dimana huruf G didepan kode menunjukkan seri tahun keluaran ponsel tersebut. Perbedaan lain yang dapat dilihat adalah pada ponsel xperia seri lama biasanya memiliki besar memori internal yang berbeda, jika ponsel resmi memiliki internal 16Gb maka seri docomo memiliki memori internal sebesar 32Gb dan juga pada seri lama lainnya beberapa ponsel tidak mendukung jaringan 4G hingga sambungan nirkabel NFC, karena jaringan tersebut hanya tersedia untuk kawasan Jepang saja.

Itulah beberapa perbedaan ponsel xperia Docomo dan Global, walau memiliki kekurangan dan kelebihan, ponsel keluaran NTT DoCoMo ini tetap merupakan ponsel asli bukan barang KW atau palsu, namun karena di keluarkan secara tak resmi di Indonesia, alangkah lebih baik kita membeli ponsel keluaran resmi.

Sumber : 4teknomania

3 comments for "Perbedaan Sony Xperia Global dan Docomo"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.