Makin Canggih, Akan Ada Mobil Self Cleaning

Makin Canggih, Akan Ada Mobil Self Cleaning

Blogotech - Mobil yang bisa menyetir sendiri atau self-driving mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana jika sebuah mobil memiliki teknologi self-cleaning . Menurut informasi dari IDNTimes, General Motors telah mengerahkan sejumlah ilmuwan otomotif asal Amerika untuk menciptakan mobil self-driving yang sekaligus bisa "bersih-bersih" sendiri.

Menggunakan bantuan sensor

Mobil dengan teknologi ini akan bekerja menggunakan sensor internal untuk menentukan seberapa bersih interiornya. Bahkan, sistem pembersihan diri dapat mengaktifkan berbagai perangkat pembersih, seperti penyedot debu yang diintegrasikan ke dalam tikar lantai, pembersih uap yang menggunakan panas mesin dan air bersih, serta keranjang sampah yang secara otomatis mengganti kantong sampah yang sudah penuh.


Menariknya lagi, aplikasi pembersihan ini juga bisa melakukan tugasnya dengan pengoperasian jarak jauh. Kendaraan tersebut nantinya bisa mengirim sinyal ke pengguna bahwa kondisi mobil sedang kotor. Dari sinilah pemilik  bisa mengaktifkan mode self-cleaning dari jarak jauh. Sistem ini juga bisa memperingatkan penumpang yang alergi terhadap debu di dalam mobil, termasuk bulu binatang peliharaan atau bekas kacang tanah. Wah, benar-benar teknologi yang luar biasa.

Teknologi semacam ini sebenarnya sudah digagas Nissan sejak lama

Inovasi mobil yang bisa membersihkan diri sendiri atau auto cleaning sebenarnya sudah digagas sejak lama oleh Nissan. Tepatnya pada tahun 2014 silam, mobil Nissan telah memulai tes teknologi cat inovatif yang mampu membersihkan lumpur, hujan dan kotoran lainnya.

Hal ini membuat pengemudi tidak perlu lagi mencuci eksterior mobil mereka. Teknologi cat oleofobia yang ada didalamnya telah direkayasa secara khusus untuk menghalau air dan minyak yang menempel di bodi mobil. Chief Marketing Manager Nissan, Geraldine Ingham mengatakan bahwa teknologi auto cleaning untuk mobil sangat bermanfaat untuk hidup pemilik mobil lebih mudah.

Sumber : IDNTimes

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.