7 Cara Mudah Membedakan Handphone Asli Atau Palsu

7 Cara Mudah Membedakan Handphone Asli Atau Palsu

Blogotech - Di era yang modern ini, pasti tak ada yang tak memiliki Handphone atau Smartphone kan. Mulai dari kalangan balita, anak kecil, sampai kakek-nenek, pasti tangan manusia sudah tak asing lagi dengan benda yang satu ini. Sehingga kebutuhan primer manusia yang meliputi makanan, pakaian, dan tempat tinggal, harus ditambah satu lagi nih sekarang, yakni HP.

Dan semakin tingginya gengsi manusia, mereka akan memaksakan memiliki suatu barang dengan cara membeli barang KW. Nah karena maraknya barang palsu, jadi sekarang kita menjadi kesulitan membedakan barang itu asli atau tidak. Maka dari itu kali ini saya akan memberi sobat tips mengenai beberapa cara paling jelas membedakan handphone asli atau palsu. Langsung saja berikut ini adalah 7 cara paling jelas membedakan handphone asli atau palsu versi blogotech :

7. Charger Handphone

Nah salah satu cara untuk menentukan Handphone kalian itu asli atau tidak, sobat bisa melihatnya melalui charger nya. Jika kalian membeli Hp dan kepala charger nya bukan dari negara asli Hp tersebut, ada kemungkinan Hp kalian itu palsu atau barang selundupan (black market) lo. Dan selain itu sobat bisa lihat gambar-gambar di atas, yang menunjukan proporsi charger yang kurang sempurna dan memiliki kualitas yang sangat rendah. Pasti kalian sudah bisa membedakannya kan sekarang?

6. Nomor IMEI

Nomor IMEI merupakan sebuah identitas dari sebuah Handphone yang bisa sobat temukan di kotak hp kalian dan di produk itu sendiri. Nah jika kalian sudah mengeceknya di *#06# dan sudah sama tetapi kalian masih ragu, sobat bisa mengunjungi website imei.info.com dan memasukan nomor imei ponsel kalian. Sehingga kalian bisa mengetahui handphone kalian itu asli atau palsu.

5. Buku Panduan

Nah cara berikutnya membedakan hp asli ataupun palsu adalah dengan melihat buku panduan yang merupakan identitas dari barang tersebut. Dalam buku tersebut pasti kalian menemukan cara pengguaan selruh penggunaan barang itu dengan bahasa dimana kalian membelinya. Namun jika kalian menemukan buku panduan barang tersebut menggunakan lain dari bahasa dimana kalian membelinya, dipastikan barang tersebut adalah barang slundupan bahkan bisa jadi barang palsu.

4. Kardus Handphone

Hal pertama yang harus diperhatikan saat membeli suatu handphone adalah memperhatikan bungkus dari barang tersebut. Kalau sobat membeli handphone ternama, maka barang tersebut pasti memiliki bungkus yang sulit dipalsukan. Dan jika bungus tersebut hanya seadanya saja, ada kemungkinan barang tersebut pasti palsu. Dan sobat juga dapat melihat detail tulisan pada kardus itu, kardus yang asli tulisan digital print nya akan terlihat jelas, sedangkan kardus palsu digital printnya lebih terlihat kabur dan warnanya tak stabil.

3. Logo Handphone

Hal terpenting dalam sebuah handphone adalah simbol logo perusahaannya. Dimana hanya dengan melihat logonya saja kalian bisa melihat barang itu palsu atau tidak. Nah logo dari perusahaan asli itu memiliki kualitas print yang sulit dihapus meskipun kalian memaksanya. Sedangkan logo palsu akan mudah sekali memudar.

2. Kualitas Produk

Cara selanjutnya untuk membedakan produk asli atau tidak, pastinya bisa sobat lihat pada kualitas dan peforma dari handphone tersebut. Brand ternama dengan harga mahal pasti perusahaannya menggunakan kualitas terbaik di setiap bagian produknya. Dan untuk melihat kualitasnya, bisa kalian lihat pada kualitas bahan yang digunakannya. Barang palsu akan memiliki kualitas barang yang tidak bagus dan kasar.

1. Harga Murah

Cara paling akhir ini bukan cara teknis seperti sebelumnya. Namun cara kali ini adalah sebuah tindakan waspada terhadap barang palsu. Sebaiknya jika sobat membeli sebuah handphone, kalian bisa membelinya ke toko asli atau toko yang memberikan garansi resmi dari barang tersebut. Jika sobat melihat handphone yang dijual dengan harga yang relatif murah, sebaiknya kalian berfikir dua kali dan lebih berhati-hati jika ingin membeli barang tersebut, atau kalian bisa hindari saja ya.

Nah sobat, di atas itu tadi merupakan cara-cara membedakan handphone atau smarthphone kalian itu asli atau tidak. Jadi setelah sobat membaca artikel ini jangan ragu lagi saat ingin membeli handphone baru ya. Semoga dengan adanya ulasan yang saya sampaikan di atas bisa memberi pengetahuan baru yang bermanfaat kepada sobat semua. Sehingga kalian sekarang bisa membedakan handphone asli atau palsu.

Sumber : jalantikus

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.