5 Hal yang Menjadikan Aki Motor Cepat Soak

Blogotech - Aki di sepeda motor memiliki peran penting, yaitu sebagai penyuplai daya listrik di komponen elektrikal, seperti lampu-lampu hingga ECU atau CDI untuk motor karburator. Jika aki sudah soak/rusak biasanya sudah tidak bisa lagi menyimpan listrik, otomatis listrik yang disimpan di aki akan terus berkurang, seiring dengan digunakannya starter atau kelistrikan pada saat mesin dihidupkan.

Meski tergolong part fast moving, usia pakai aki terbilang panjang. Bahkan bisa sampai tahunan. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi usia pakai aki motor.

Menurut Product Manager Bosch Automotive Indonesia, Dedy Ismanto, setidaknya ada lima faktor penentu usia aki motor. Pertama adalah penanganan aki pada saat pemasangan pertama kali.

"Ada aki yang harus diisi dulu. Celakanya kadang cairan kimia aki tumpah saat pengisian dan lain-lain," ungkap Dedy.

Kedua, pemilihan tipe aki atau penggunaan yang tepat di motor. "Biasanya konsumen datang ke bengkel dengan keluhan aki rusak, dan menyerahkan pemilihan aki ke bengkel. bisa saja salah ukuran atau tipe," lanjutnya.

Ketiga ada ada perawatan aki motor. Meski ada aki berstatus maintenance free, atau bebas perawatan, kondisi aki tetap harus diperiksa. "Keempat penggunaan alat kelistrikan tambahan yang berlebihan," papar Dedy.

Terakhir atau kelima adalah karakter penggunanya. "Pengisian daya aki motor terjadi pada putaran mesin tertentu. Motor yang jarang dipakai tapi hanya dipanaskan saja juga bakal membuat aki lemah," tutupnya.

Sumber : metrotv

No comments for "5 Hal yang Menjadikan Aki Motor Cepat Soak"