15 Prediksi Bill Gates 18 Tahun Lalu Yang Sekarang Jadi Kenyataan

15 Prediksi Bill Gates 18 Tahun Lalu Yang Sekarang Jadi Kenyataan

Blogotech.net - Di dunia teknologi, nama Bill Gates sudahlah tidak asing lagi. Gates yang merupakan orang terkaya di dunia adalah pendiri dan mantan CEO Microsoft.

Pada 1999, Gates Gates menulis sebuah buku berjudul “Business @ the Speed of Thought”. Dalam buku itu, Gates membuat 15 prediksi berani yang pada saat itu mungkin terdengar keterlaluan. Namun, ke-15 prediksi itu menjadi kenyataan pada tahun ini. Berikut 15 prediksi Gates pada 1999 seperti yang sudah blogotech rangkum :

1. Situs Perbandingan Harga

Gates memprediksi jasa perbandingan harga otomatis akan terjadi dan membuat orang-orang akan melihat berbagai harga di situs tersebut. Hal itu membuat orang mudah menemukan produk termurah untuk semua industri.

Apa yang kita lihat sekarang: Saat ini Anda mudah mencari produk perbandingan harga di Google atau Amazon. Situs seperti NextTag dan PriceGrabber dibangun khusus untuk perbandingan harga.

2. Smartphone

Dalam bukunya, Gates menuliskan, “Orang-orang akan membawa perangkat kecil yang memungkinkan mereka untuk terus tetap berhubungan dan melakukan bisnis elektronik dari manapun mereka berada. Dari perangkat itu, orang-orang mendapatkan berita, mendapatkan informasi dari pasar keuangan, dan melakukan apa saja yang lain.”

Apa yang kita lihat sekarang: Smartphone dan Smartwatches sudah menjadi bagian hidup orang-orang.

3. Pembayaran dan Pelayanan melalui Internet

Gates menuliskan, “Orang-orang akan membayar tagihan mereka, mengurus keuangan mereka dan berkomunikasi dengan dokter mereka melalui Internet.”

Apa yang kita lihat sekarang: Ada situs-situs seperti ZocDoc yang membuat jadwal berobat atau konsultasi dengan dokter dan penjadwalan mudah. Anda dapat meminjam uang secara online melalui situs seperti Lending Club dan melakukan pembayaran melalui situs seperti PayPal dan Venmo.

4. Asisten Pribadi dan Internet of Things (IoT)

Gates menuliskan, “Orang-orang akan menghubungkan dan menyelaraskan semua perangkat dengan cara yang cerdas, apakah mereka di rumah atau di kantor, dan memungkinkan mereka untuk pertukaran data. Perangkat itu akan memeriksa email atau pemberitahuan, dan menyajikan informasi yang Anda butuhkan.”

Apa yang kita lihat sekarang: Google Now, asisten cerdas pada perangkat mobile mengumpulkan data tentang rutinitas sehari-hari Anda dan dapat memberikan segala informasi yang Anda butuhkan.

5. Mengawasi Rumah secara online

Gates menuliskan, “Orang-orang akan mengawasi rumahnya melalui video. Video itu juga akan memberitahu Anda ketika seseorang mengunjungi sementara Anda tidak di rumah.”

Apa yang kita lihat sekarang: Dropcam menjual kamera pengintai rumah yang membuat rumah-monitoring mudah. Google membeli perusahaan ini seharga 555.000.000 $ pada 2014.

6. Sosial media

Gates menuliskan, “website pribadi untuk teman dan keluarga akan menjadi umum dan memungkinkan Anda untuk chatting dan merencanakan membuat acara.”

Apa yang kita lihat sekarang: Situs media sosial seperti Facebook dan Instagram menghubungkan setiap orang.

7. Promosi Otomatis

Gates menuliskan, “Ada sebuah software yang dapat mengetahui tujuan perjalanan Anda dan menunjukkan kegiatan, diskon, penawaran, dan harga lebih murah untuk Anda.”

Apa yang kita lihat sekarang: Situs Travel seperti Expedia dan Kayak memberikan penawaran berdasarkan data pembelian terakhir. Iklan Google dan Facebook dapat menawarkan iklan promosi berdasarkan lokasi pengguna dan kepentingan.

8. Situs Diskusi Olahraga secara Live

Gates menuliskan, “Ketika Anda menonton kompetisi olahraga di televisi, Anda dapat mendiskusikan apa yang terjadi di kehidupan serta mengikuti kontes dimana Anda memilih.”

Apa yang kita lihat sekarang: Sekelompok situs media sosial seperti Twitter memungkinkan Anda dapat meninggalkan komentar secara real-time di situs olahraga seperti ESPN.

9. Iklan Cerdas

Gates menuliskan, “Perangkat akan memiliki iklan cerdas dan akan tahu tren pembelian Anda serta akan menampilkan iklan yang sesuai terhadap preferensi Anda.”

Apa yang kita lihat sekarang: Kebanyakan layanan iklan online memiliki fitur ini dan membuat pengiklan dapat menargetkan pengguna berdasarkan klik sejarah, kepentingan pribadi, membeli pola.

10. Link

Gates menuliskan, “Siaran televisi akan menyertakan link ke situs yang relevan dan konten yang melengkapi apa yang Anda menonton.”

Apa yang kita lihat sekarang: Hampir setiap pertandingan olahraga memiliki iklan dan menampilkan link ke situs tertentu.

11. Papan Diskusi Online

Gates menuliskan, “Setiap orang dapat berdiskusi di Internet mengenai isu-isu yang mempengaruhi mereka, seperti politik lokal, perencanaan atau keselamatan kota.”

Apa yang kita lihat sekarang: Sebagian besar situs berita memiliki bagian komentar dimana orang dapat berdiskusi hidup, sementara banyak situs memiliki forum di mana orang dapat meminta dan menanggapi pertanyaan-pertanyaan tertentu.

12. Situs Online berbasis Minat

Gates menuliskan, “Komunitas online tidak akan dipengaruhi oleh lokasi Anda, tetapi minat Anda.”

Apa yang kita lihat sekarang: Ada semua jenis situs berita dan komunitas online difokuskan pada topik tunggal.

13. Software Manajemen Proyek

Gates menuliskan, “Manajer Proyek mengajak tim bersama-sama untuk online, menjelaskan proyek, dan menerima rekomendasi untuk orang-orang yang tersedia dengan kebutuhan mereka.”

Apa yang kita lihat sekarang: Ada banyak software yang merevolusi bagaimana Anda merekrut, tim bentuk, dan menetapkan bekerja untuk orang lain.

14. Rekrutmen Online

Gates menuliskan, “Orang yang mencari pekerjaan dapat menemukan kesempatan kerja secara online dengan menyatakan minat mereka, kebutuhan, dan keterampilan khusus.”

Apa yang kita lihat sekarang: Situs seperti LinkedIn memungkinkan pengguna untuk meng-upload resume mereka dan mencari pekerjaan berdasarkan minat dan kebutuhan individu.

15. Software Bisnis Komunitas

Gates menuliskan, “Perusahaan dapat mengajukan penawaran pekerjaan, apakah mereka mencari proyek konstruksi, produksi film, atau kampanye iklan. Hal itu akan menjadi efisien bagi kedua perusahaan besar yang ingin melakukan outsourcing pekerjaan.”

Apa yang kita lihat sekarang: Banyak software perusahaan berfokus pada aspek sosial sehingga pengguna dapat menjangkau bisnis lain dan memulai percakapan yang mengundang proyek besar secara langsung dalam aplikasi mereka.

Sumber : kompasiana

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.