Inilah Alasan Kenapa Knalpot Sepeda Motor Berada Di Sebelah Kanan

Inilah Alasan Kenapa Knalpot Sepeda Motor Berada Di Sebelah Kanan

Knalpot Kanan - Sudah tidak asing lagi bila knalpot motor ada di sebelah kanan, terutama untuk produk motor pasar Indonesia. Namun ada juga knalpot yang berada di sebelah kiri ataupun disebelah bawah jok motor, dan bahkan ada juga yang memiliki dua knalpot, kanan kiri. Pasti pernah kah terlintas dipikiran anda, kenapa bisa kebanyakan knalpot berada di sebelah kanan?

Sebenarnya alasannya sendiri sangat berhubungan erat dengan kebiasaan manusia sendiri ketika menaiki motor. Ketika seseorang akan menaiki motor, yang mana orang tersebut tidak kidal, maka dia akan selalu naik dan trun motor dari sebelah sisi kiri motor.

Oleh sebab itu, peletakan knalpot motor berada di sebelah kanan, karena potensi terjadinya kaki mengenai knalpot yang panas dapat dihindari. Selain alasan ini, ternyata ada lagi alasan yang juga masuk akal.

Alasan kedua karena dengan memperhatikan posisi rem sendiri. Pada motor, pasti tuas rem berada disebelah kanan, lalu apabila ingin menghentikan motor, pasti kaki sebelah kirilah yang akan berusaha menyeimbangkan motor sebagai tumpuan. Dengan begitu memang seharusnya knalpot berada di posisi kanan.

Kemudian untuk alasan ketiga ini berkaitan dengan kenyamanan pejalan kaki, kenapa bisa? Menurut Chandrakant Limkar, Mechanical Engineering Lahore Medical and Dental College, dengan penempatan knalpot disebelah kanan, maka hal tersebut akan menghindari polusi secara langsung kepada pejalan kaki.

Keempat, karena berkaitan dengan teknis mesin motor itu sendiri. Sebab katup buang (exhaust valve) berada disebelah kanan, maka knalpot diposisikan disebelah kanan juga agar tidak terlalu rumit, menurut Nalini Singh, Engineering dari North Carolina State University.

Nah bagaimana sobat Blogotech, sudah tahu bukan kenapa kebanyakan motor pasti knalpotnya memang dengan sengaja di posisikan di sebelah kanan? Karena pasti semua hal yang telah dibuat sudah melalui analisa dan perencanaan yang matang, baik secara keselamatan si pengendara maupun untuk kenyaman pejalan kaki juga. Semoga artikel saya bermanfaat bagi anda semua.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.