Cara Mengetahui Charger Orisinil Samsung, Xiaomi dan Apple

Cara Mengetahui Charger Orisinil Samsung, Xiaomi dan Apple

Charger Orisinil - Blogotech, Sebuah smartphone pastinya datang dengan beberapa aksesoris yang menemaninya. Walau headphone belum tentu hadir di dalam kotak penjualan smartphone kamu, namun kabel data (USB cable) dan adapter sudah pasti ada.

Namun, sayangnya aksesori seperti charger, terutama kabel data rentan akan kerusakan. Hal itu bisa disebabkan oleh penggunaan yang kasar atau juga durabilitasnya memang sudah rendah dari pabrikan. Alhasil, membeli aksesoris charger akan menjadi langkah yang wajib dilakukan oleh penggunanya.

Tentu membeli sebuah charger tidak boleh yang “asal ada”. Kamu wajib membeli aksesoris orisinil dan asli agar tetap menjaga kesehatan dari baterai yang ada di dalam smartphone. Namun sayang, tidak semua penjual di Indonesia jujur dalam menjual aksesoris tersebut. Terdapat beberapa oknum yang masih nakal, dan mengelabui pelanggannya.

Agar terhindar dari hal tersebut, kami merangkum cara untuk memastikan asli atau palsunya sebuah aksesoris charger dari ketiga brand smartphone besar di Indonesia, yakni Samsung, Xiaomi dan Apple. Berikut penjabarannya :

Samsung

Samsung merupakan brand yang memiliki pangsa pasar paling besar di Indonesia. Hal itu juga yang menjadi alasan penyebaran aksesoris berlogokan Samsung tapi palsu. Harga “terkesan mahal” serta kemasan yang baik tidak bisa dijadikan acuan begitu saja dalam memastikan keaslian aksesori tersebut.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan melihat cetakan tulisan Samsung pada bagian Adapter atau kepala charger. Cetakan pada aksesoris yang ori akan terlihat rapih, dengan jarak setiap hurufnya sangatlah teratur. Tinta yang digunakan pun akan terlihat “premium”, terutama pada bagian sisi adapter.

Pada bagian kabel charger atau USB cable, hal pertama yang harus kamu lihat adalah micro USB atau ujung kecilnya. Kabel charger Samsung yang asli akan memiliki bahan seperti karet pada bagian ujung micro USB, hal itu bertujuan agar menghindari luka gores pada smartphone. Perhatikan juga warna cetakan pada bagian tersebut, yang seharusnya berwarna sama dengan cetakan pada adapter.

Xiaomi

Walau pengguna Xiaomi telah berjumlah cukup banyak di Indonesia, hal itu tidak diikuti oleh penjualan aksesoris resminya yang menyebar di seluruh Negeri ini. Bahkan, toko resmi perusahaan asal China tersebut masihlah menumpuk di Jakarta.

Hal tersebut tentu sangat menyulitkan para pecinta Xiaomi di luar daerah Ibu Kota. Apalagi, untuk memiliki sebuah aksesoris asli seperti charger, yang ditujukan mengganti aksesoris bawaan yang rusak.

Walau tidak banyak cara untuk membedakannya, namun masih ada hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, Xiaomi identik dengan memberikan code individual (kode individu) pada setiap aksesoris adapter yang diciptakannya. Kode tersebut memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya, sehingga setiap adapter berlogokan Xiaomi tidak akan memiliki kode yang sama.

Untuk itu, setiap kamu hendak membeli sebuah charger Xiaomi original, hendaklah mengecek lebih dari satu barang. Hal itu bertujuan untuk memastikan perbedaan code individual dari setiap charger yang ada pada toko yang kamu kunjungi.

Pada bagian kabel, terutama USB connector, aksesoris Xiaomi yang orisinil memiliki warna hitam pada bagian dalamnya. Hal tersebut bisa kamu lihat pada gambar.

Apple

Inilah brand dengan jumlah aksesoris palsunya cukup banyak di Indonesia, yakni Apple. Harga aksesoris original buatannya yang mahal telah membuat banyak pabrikan nakal untuk menghadirkan aksesoris palsu. Belum lagi, kabel USB bawaan setiap produk smartphone dan tablet Apple sangatlah cepat untuk rusak.

Aksesoris charger Apple yang palsu juga sangat mudah untuk dibedakan. Terlebih pada bagian lightning connector pada salah satu ujung kabelnya. Kabel yang asli akan memiliki warna emas pada delapan pin kecil dibagian tersebut, sedangkan yang palsu memiliki warna perunggu. Bahan metal yang disajikannya juga terlihat premium. Karet yang dimilikinya juga memiliki kelenturan yang tinggi, dan tidak kaku.

Pada bagian adapter, aksesori Apple yang memiliki penjelasan jika desain dibuat di California, dengan penulisan lengkap “Designed bu Apple in California”. Warna tinta yang digunakan pada setiap tulisan pada bagian keterangan akan terlihat abu-abu cerah.

Itulah langkah-langkah dalam memastikan keaslian dan keorisinilan aksesoris charger dari 3 brand terlaris di Indonesia. Walau harga yang dipatok biasanya lebih mahal dari barang palsu atau imitasi, namun kualitas serta kesehatan perangkatmu sudah pasti terjamin, sehingga sangat wajib bagi setiap penggunanya untuk membeli yang asli.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.