8 Trik Ampuh Cara Mempercepat Koneksi Internet

8 Trik Ampuh Cara Mempercepat Koneksi Internet

Mempercepat Koneksi Internet - Saat ini, internet adalah segalanya. Tanpa internet, hidup seringkali jadi terhambat. Namun, kadang-kadang kondisi internet yang lemot bikin kita gregetan dan stres. Gak heran, kita semua pasti mengharapkan internet secepat kilat. Nah, agar hal ini tak terulang, coba deh tips dan trik mengatasi internet lemot di bawah ini :

1. Membeli modem dengan kecepatan koneksi yang lebih besar.

Faktor yang paling penting dalam mempercepat koneksi internet adalah modem. Modem ini bertugas mencari sinyal internet. Semakin besar kemampuannya mencari sinyal, maka semakin cepat juga koneksinya. Sebagai contoh, modem 100 mbps (mega byte per second) tentu lebih kencang daripada yang hanya 7,2 mbps.

2. Pasang penguat sinyal untuk modem dengan kaleng.

Kalau sinyal di rumah lemah, kamu bisa membuat penguat yang kemudian dipasangkan di modem. Prinsipnya sama seperti parabola, kamu bisa menangkap sinyal dengan mengumpulkannya ke pusat lempengan. Sekarang juga sudah banyak tutorial di YouTube bagaimana membuat penguat sinyal. Atau kamu bisa mengikuti tutorial singkat membuat penguat sinyal modem dari kaleng bekas yang akan Blogotech bagikan berikut:

Pertama, ketahui dulu berapa frekuensi modem kamu. Kalau frekuensi modem adalah 900 mhz, maka jarak lubang modem dan dasar kaleng adalah 1-1,5 inchi. Hal ini berlaku untuk kelipatannya (semisal frekuensi 1800 mhz, maka jaraknya 2-3 inchi). Setelah mengukur ketinggian dari dasar kaleng, lubangi tepi kaleng sesuai dengan besar modem.

Kalau kalengnya tebal, mungkin kamu bisa pakai alat bantu berupa bor atau semacamnya. Jangan pula haluskan tepian lubang atau pasang selotip agar modem tidak lecet saat dimasukkan. Masukan modem yang sudah dilengkapi dengan perpanjangan kabel USB, lalu hadapkan kaleng ke menara pemancar sinyal terdekat. Niscaya kecepatan internet kamu jadi berlipat!

3. Gunakan perpanjangan kabel USB.

Salah satu musuh benda elektronik yang bisa mengganggu performanya adalah overheat atau panas. Maka sebisa mungkin hindari memakai modem dalam kondisi panas karena bisa membuat koneksi melambat. Salah satu cara agar modem terjaga dari panas adalah memakai kabel perpanjangan USB.

Lebih bagus lagi kalau kamu memakai kabel perpanjangan sampai tiga atau lima meter. Lalu colokan kabel tersebut pada modem dan taruh modem di tempat yang tinggi. Semakin tinggi, biasanya sinyal internet makin bagus dan lancar. Apalagi tempat yang terbuka dan tidak ada penghalang. Kecepatan bisa berlipat!

4. Mengatur gpedit.msc untuk OS Microsoft Windows.

Cara ini berguna untuk melarang komputer membatasi kecepatan internet secara otomatis. Caranya klik Start > Run > ketik gpedit.msc > Local Computer Policy > Computer Configuration > Administrative Templates > Network > QOS Packet Scheduler > Limit Reservable Bandwidth > Pilih Disable > Apply > Ok.

5. Saat internet melambat, coba deh hapus cache.

Cache adalah rekaman data yang menumpuk dan membuat loading browser internet menjadi lambat. Menghapus cache browser di komputer cukup mudah. Biasanya opsi ini muncul begitu kita membuka pengaturan. Untuk Android, ikuti langkah berikut: matikan koneksi internet > Setting > Application > klik aplikasi > Delete Cache. Untuk laptop, kamu bisa buka search engine, lalu buka history dan hapus cache.

6. Pasang aplikasi CC Cleaner.

Cara lain yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan internet secapat kilat adalah dengan mengunduh atau pasang aplikasi CC Cleaner untuk telepon pintar atau komputer kamu. Aplikasi ini begitu praktis karena dengan menekan satu tombol saja, maintenance gadget kamu akan tertangani seluruhnya.

7. Pakai aplikasi peramban khusus

Misalnya saja UC Browser. Aplikasi peramban khusus ini mempunyai kemampuan lebih cepat daripada aplikasi lain. Namun perlu diketahui bahwa kelebihan ini hanya untuk mengakses situs-situs tertentu. Biasanya lebih cepat 30-60 persen daripada peramban biasa dalam mengakses situs Facebook.

8. Bisa juga dengan memakai Baidu.

Aplikasi peramban Baidu memiliki spesialisasi dalam mengecilkan data situs yang diakses. Jadi data yang akan ditampilkan di layar gadget kamu akan dibuat lebih kecil sehingga loading-nya tak lama. Karena proses pengecilan itu juga, data yang dipakai juga menjadi lebih irit. Kamu tak perlu khawatir kuota internet kamu cepat habis.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.