5 Tips Dan Trik Cara Menguatkan Sinyal WiFi Lemah

5 Tips Dan Trik Cara Menguatkan Sinyal WiFi Lemah

WiFi Lemah - Berbagi ilmu, Ketika sudah tahu seputar Wifi bahwa Wifi adalah layanan melalui gelombang radio, maka tetap membutuhkan sinyal-sinyal untuk kelancaran mendapatkan data termasuk adalah koneksi internet. Hal yang sering terjadi adalah penurunan sinyal Wifi. Biasanya Wifi menggunakan alat antena untuk mengirimkan sinyal Wifi yang nantinya bisa di terima oleh perangkat yang sudah di lengkapi dengan fitur wifi. Ada beberapa permasalahan mengapa sinyal Wifi mengalami penurunan dan perlu ditingkatkan.

Cara menguatkan sinyal wifi lemah
Sinyal WiFi Lemah
Bila anda mengalami permasalahan penurunan sinyal Wifi, bisa melakukan beberapa langkah yang telah kami sediakan di bawah ini, dimana cara meningkatkan sinyal wifi sendiri sangat beragam. Mengingat kekuatan sinyal Wifi di pengaruhi oleh banyak faktor.

Cara Mudah Meningkatkan Sinyal WiFi Yang Lemah

1. Memasang Antena Router Di Area Yang Tepat

Pemasangan antena khusus peningkatan sinyal berdasarkan pengalaman sebagian orang. Ketika di rumah ada antena yang lurus panjang tidak seperti antena televisi, nyaris seperti tiang, maka bisa dikatakan itu adalah antena untuk sinyal Wifi. Pengalaman penulis pernah melihat dari dekat pada orang yang memasang antena khusus untuk koneksi internet menggunakan Wifi. Memang benar, antena mirip tiang. Mirip tiang yang di maksud adalah karena mengunakan tiang besi dan antena kebetulan betuk lurus. Ketika tidak memakai tiang besi, maka bisa mengalami roboh. Jelas sekali, tiang milik orang yang pernah saya lihat ternyata roboh ketika terjadi angin besar.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan antena Wifi adalah berada di tempat yang tidak berada di sekitar pohon-pohon besar. Hal ini perlu diatasi dengan cara memotong pohon besar atau meninggikan tiang besinya untuk melebihi tinggi pohon.

Ingat! Meningkatkan sinyal Wifi di sini adalah untuk Wifi rumahan yang terbilang tidak terbuka untuk umum. Bila sinyal Wifi untuk ruangan terbuka, maka sudah diatur dengan baik oleh pihak pengelola Wifi seperti dalam kampus, perusahaan dan sebagainya. Ketika Wifi untuk ruang terbuka, maka masalah sinyal diserahkan pada individu pengguna untuk bisa meraih peningkatan sinyal.

Mungkin saja jenis peningkatan sinyal untuk tiap penyedia jaringan internet berbeda-beda. Ada yang hanya memakai antena atau tanpa antena.

2. Layanan Koneksi Internet Wifi Berbanding dengan Pengguna

Tujuan meningkatkan sinyal Wifi untuk apa sih? Untuk menghasilkan koneksi internet yang cepat kan? Hal ini akan menjadi sia-sia saja bila terlalu banyak pengguna yang memanfaatkan Wifi. Karena secara otomatis sinyal akan tersebar diberbagai penjuru, ke para pengguna Wifi. Hal ini bisa diatasi dengan lima cara, antara lain :
- Pertama, menambah kualitas layanan internet walaupun menambah biaya tentunya.
- Kedua, mencari waktu dimana para pengguna Wifi tidak sedang menggunakan layanan internet.
- Ketiga, menggunakan teknologi Wifi terbaru.
- Keempat, gunakan WiFi Repeater untuk penerimaan sinyal dan terpancar kembali dengan lebihkuat.
- Kelima, Mengontrol bandwidth agar tidak terjadi kebocoran ketika pemakaian koneksi Wifi sehingga aman dari lemot.

3. Perbaiki Sistem Keamanan

Bila membuka layanan Wifi untuk kebutuhan umum di area sekitar misal kampus atau perusahaan, maka tidak perlu mempermasalahkan penggunaan internet untuk sembarangan orang. Namun untuk kalangan tertentu, semisal hanya untuk anggota keluarga, pastikan bahwa akun Wifi pribadi terjaga dengan baik. Jangan ada bisik-bisik tetangga akibat anda latah mengucapkan akun Wifi atau ketahuan menggunakannya. Bila sudah ketahuan dan anda tidak mengetahui hal itu, maka bisa mengalami kebocoran koneksi Wifi.

Bila ternyata kecolongan koneksi Wifi, bukan hanya merugikan dalam hal kecepatan koneksi juga bisa mengurangi quota internet bila memakai perbatasan jumlah kuota. Alangkah baiknya bila menggunakan quota unlimited yang bisa berlangganan di penyedia layanan koneksi internet sehingga bila terjadi kecolongan akun pribadi, tidak sampai mengalami pengurangan quota karena memang tanpa ada batas quota.

Untuk kelas profesional mungkin saja bisa membobol akun Wifi anda. Maka dari itu bisa gunakan gunakan password yang rumit serta gunakan enkripsi WPA2.

4. Cari Posisi Yang Tepat

Sinyal wifi memang tidak bisa di lihat menggunakan mata, namun sama halnya dengan sinyal lainnya. Sinyal wifi bisa terhalangi oleh berbagai benda di sekitar router wifi terutama tembok. Apalagi jika bangunan tersebut bertingkat, di pastikan sinyal wifi berkurang bahkan menghilang. Maka dari itu carilah tempat bebas penghalang agar sinyal wifi penuh dan internet lancar.

5. Jauhi Perangkat Elektronik Lain

Beberapa perangkat elektronik bisa mengganggu kekuatan sinyal dari wifi, salah satunya adalah router wifi yang lain. Ternyata selain itu masih ada alat elektronik lainnya yang mengganggu kekuatan sinyal, yakni Microwave. Untuk mengatasi hal ini jauhkan router dari perangkat-perangkat tersebut. Untuk mempermudah bisa menggunakan router dual band yang bisa memindahkan frekuensi dengan mudah.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.