5 Aplikasi Untuk Melihat Hilal

5 Aplikasi Untuk Melihat Hilal

Melihat Hilal - Berbagi Ilmu, Penandaan awal puasa tentu selalu ramai dengan sidang isbat. Sidang yang khusus untuk menentukan kapan waktu berpuasa dimulai ini tentu sudah tak asing lagi di Indonesia. Dengan melihat hilal, hasil sidang isbat pun bakal diperoleh kapan tepatnya ibadah puasa selama sebulan akan dilangsungkan.

Meski prosesi ini akan dilangsungkan mulai sore hari nanti (26/5/2017), tak ada salahnya kalian ikut serta melihat bulan dengan cara yang berbeda. Umumnya para ahli melihat fenomena bulan muda ini melalui sebuah teropong. Tapi jika kalian menggunakan bantuan sebuah aplikasi, tentu tak ada salahnya bukan?

Melalui perhitungan khusus, tentu aplikasi sudah didesain sedemikian rupa untuk mengetahui berbagai benda yang ada di luar angkasa. Penasaran apa saja aplikasi-aplikasinya? Yuk, simak beberapa aplikasi berikut ini. Siapa tahu kalian jadi makin paham apa yang dimaksud dengan hilal, deh!

1. Moon 3D

Aplikasi Android bernama Moon 3D ini jadi salah satu aplikasi yang dapat membantumu. Moon 3D akan membantu kalian mengetahui pergerakan bulan. Melalui perhitungan khusus, aplikasi ini sudah memperhitungkan fase-fase perubahan bulan setiap waktunya.

2. SkySafari 5

Memiliki tampilan yang lebih baik dengan berbagai macam fitur barunya, tentu saja aplikasi penerus ini menarik juga untuk kalian coba. Dengan mengandalkan keakurasian benda langis sesuai dengan waktu dan posisi dimana kalian berada, tentu aplikasi ini sayang juga jika kalian lewatkan. Kamu bisa menjelajah ruang angkasa meski hanya melalui sebuah perangkat smartphone. Tentu bisa saja kalian coba untuk melihat bulan bukan?

3. Sky Map

Sky Map adalah aplikasi yang awalnya buatan karyawan Google, namun kini dilepas menjadi open source. Setelah kita menemukan tujuan benda angkasa di Sky Map, kita bisa mengarahkan teleskop kita ke arah yang dimaksud untuk melihatnya langsung. Tentu saja aplikasi ini dapat sedikit berguna untuk menentukan bulan baru apakah sudah muncul atau belum.

4. Star Chart

Lewat Star Chart, kamu dapat mengarahkan gadget kamu ke langit dan melihat benda langit apa yang ada di sana. Sistemnya bisa dibilang semi-AR (Augmented Reality), karena input bintangnya berasal dari lokasi GPS, bukan dari sorotan kamera gadget kita. Meskipun terbilang tidak begitu akurat, aplikasi ini bergerak sangat mulus bahkan ketika kita mengklik salah satu bintang atau planet untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam. Kita juga dapat melakukan zoom in dan zoom out untuk mendapatkan sudut pandang yang kita mau dengan menggunakan aplikasi ini.

5. Stellarium

Nah, kalau aplikasi yang satu ini tentu sudah tak asing lagi bagi kalian yang ingin melihat-lihat luar angkasa dengan bantuan sebuah smartphone. Beragam bintang, galaksi dan bahkan planet pun bisa kalian pelajari menggunakan aplikasi ini. Terlebih untuk melihat bulan baru sudah muncul atau belum, kalian bisa melihat secara realtime menggunakan aplikasi ini. Bahkan jauh-jauh hari pun kamu bisa memperhitungkannya lho!

Bagaimana, menarik bukan? Nggak salah jika kamu ingin mencoba beberapa aplikasi di atas. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.