6 Cara Membuat Koneksi 3G Menjadi Secepat 4G

6 Cara Membuat Koneksi 3G Menjadi Secepat 4G

6 Cara Membuat Koneksi 3G secepat 4G - Teknologi komunikasi dan internet telah berkembang begitu pesat dekade ini. Masyarakat dunia memperoleh manfaat yang besar dengan hal itu. Kehadiran koneksi internet 4G tak dapat dipungkiri telah merambah ke sebagian smartphone kelas menengah saat ini. Dengan kecepatan yang lebih baik dari pendahulunya, koneksi internet 4G telah menarik banyak pengguna khususnya smartphone untuk berpaling dari koneksi sebelumnya. Buktinya banyak sekarang di pasaran mulai menjamur ponsel-ponsel berfrekuensi 4G.

Namun, nyatanya belum semua pengguna internet telah beranjak untuk merasakan kecepatan koneksi 4G di daerahnya. Hal ini karena kemunculannya yang masih baru sehingga butuh proses untuk menjangkau daerah-daerah pinggir. Beberapa di antaranya masih merasa cukup dengan kecepatan 3G. Di sisi lain beberapa pengguna masih belum memiliki perangkat yang mendukung jaringan 4G. Maka dari itu para ahli mencari cara alternatif agar mereka yang belum merasakan koneksi 4G dan masih standby di 3G bisa merasakan ganasnya kecepatannya.

Perlu diingat, kecepatan internet maksimal yang bisa dicapai juga tergantung kondisi lingkungan sekitar dan lalu lintas jaringan. Berikut tips dan trik membuat koneksi 3G menjadi secepat 4G :

1. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Penggunaan aplikasi pihak ketiga menjadi salah satu cara yang paling mudah untuk tetap merasakan koneksi internet 3G dengan kecepatan yang lebih baik. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Opera Max. Aplikasi ini dapat mengoptimalkan jalur lalu lintas internet khususnya koneksi 3G. Dengan demikian, aplikasi yang menggunakan koneksi internet dapat dimuat lebih cepat. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menghemat kuota internet melalui proses kompresi yang sudah disematkan. Aplikasi seperti Facebook Lite juga dapat membantu pengguna yang sering kesulitan mengakses Facebook. Lewat aplikasi ini, data yang digunakan akan lebih kecil sehingga mempercepat proses pemuatan konten.

2. Nonaktifkan Pemuatan Gambar di Peramban

Salah satu cara termudah untuk merasakan pengalaman internet yang lebih baik adalah dengan memasang peramban dalam mode 'Text Only'. Meskipun tak semua peramban mendukung fitur ini, pada dasarnya kemampuan ini dapat dengan mudah ditemukan pada menu pengaturan. Mengubah peramban menjadi mode 'Text Only' akan mencegah proses pemuatan gambar. Fitur ini dapat memotong sebagian besar lalu lintas internet. Ketika smartphone tak lagi memuat gambar, dapat dipastikan kecepatan pun akan bertambah.

3. Cari Peramban yang Lebih Baik

Pengguna Android saat ini pasti sudah awam dengan peramban Chrome yang sudah otomatis terpasang. Peramban besutan Google itu memang memudahkan pengguna untuk merasakan pengalaman lebih baik, tapi tidak untuk konsumsi data dan kuota. Untuk itu, tak ada salahnya menggunakan peramban lain yang memiliki fitur kompresi data. Salah satunya menggunakan peramban Opera Mini dari Opera. Tak hanya aplikasi yang ringan, Opera Mini juga memiliki kompresi data sehingga kuota yang digunakan tak terlalu banyak dan mempercepat proses pemuatan sebuah situs.

4. Bersihkan Cache di Smartphone.

Selain berkaitan dengan kondisi jaringan di daerah tertentu, masalah terkait kecepatan internet juga dapat dipengaruhi oleh perangkat yang digunakan. Untuk itu, tak ada salahnya untuk memeriksa kondisi perangkat, termasuk jumlah cache yang terkumpul. Cache yang terlalu banyak dapat menurunkan kecepatan smartphone termasuk saat menjelajah internet. Oleh sebab itu, menghapus seluruh cache yang ada merupakan tindakan tepat untuk itu meningkatkan kinerja smartphone. Untuk menghapus cache, pengguna Android cukup masuk ke menu Settings lalu pilih Application. Setelah itu, tentukan aplikasi yang akan dibersihkan cache yang tersisa dengan memilih Clear Cache.

5. Uninstall Aplikasi yang Boros Memori

Faktor lain yang juga berpengaruh pada kinerja sebuah smartphone adalah aplikasi yang dipasang. Aplikasi yang menghabiskan memori terlalu banyak ketika sedang berjalan, akan memperlambat kinerja smartphone yang digunakan. Untuk itu, agar mendapat pengalaman berinternet yang lebih baik tak ada salahnya menghapus aplikasi tak terpakai dan menghabiskan terlalu banyak memori. Selain itu, menghapus widget yang dipasang juga dapat menambah kecepatan kinerja sebuah smartphone.

6. Ganti Pilihan Modus Jaringan yang Digunakan

Terakhir, cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat koneksi internet adalah mengganti pilihan modus jaringan yang akan digunakan. Pada smartphone Android hal ini dimungkinkan, sebab memang tersedia pengaturan untuk hal tersebut. Pengguna dapat memilih jaringan yang sekiranya ingin digunakan, mulai dari 2G/GSM dan 3G/WCDMA atau memilih salah satu dari dua jaringan tersebut. Namun, perlu diingat sebelum mengganti modus jaringan pengguna juga harus memperhatikan kondisi jaringan di tempatnya berada. Hal tersebut dilakukan agar smartphone selalu berusaha menangkap sinyal yang dirasa paling baik. Dengan demikian, smartphone dapat memakai jaringan yang paling memadai.

Nah itulah tadi 6 Cara Membuat Koneksi 3G secepat 4G. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.