7 Tanda Smartphone Anda Kena Sadap

7 Tanda Smartphone Anda Kena Sadap


Kasus kejahatan cyber terus meningkat dengan beragam modus baru. Salah satu kasus yang kini tengah hangat diperbincangkan adalah kasus penyadapan, yang kini bisa menimpa siapa saja. Apakah Anda cukup yakin smartphone Anda tidak pernah disadap?
Pertanyaan di atas memang cukup menggelitik, karena siapa yang bisa menjamin smartphone kita cukup aman dari penyadapan oleh para hacker. Lantas, bagaimana kita bisa tahu kalau smartphone yang kita pakai sedang disadap?
Kecanggihan teknologi sekarang telah membuat banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan penyadapan. Jadi jangan lagi membayangkan untuk melakukan aksi penyadapan membutuhkan peralatan yang super canggih seperti di film-film James Bond atau Mission Impossible.
Jangan kaget jika sekarang smartphone Anda bisa dengan mudah disadap oleh teman yang lagi iseng, atau pacar yang “kepo” ingin terus memantau aktifitas yang Anda lakukan di smartphone. Tapi yang paling bahaya jika smartphone Anda disadap hacker yang sedang mengincar data-data pribadi yang penting di perangkat ponsel pintar Anda.
Untuk mengetahui smartphone Anda sedang disadap memang gampang-gampang susah. Tapi ada beberapa tanda atau ciri-ciri smartphone yang sedang disadap. Mau tahu apa saja cirri-cirinya? Silahkan baca ulasannya berikut ini:
1. Aplikasi Tak Dikenal yang Mencurigakan
Ada beberapa cara atau metode yang digunakan para hacker untuk menyadap smartphone. Tapi yang paling sering digunakan adalah dengan menyusupkan aplikasi tambahan di smartphone si korban. Yang harus diketahui, para hacker biasanya akan menyembunyikan aplikasi tersebut.
Anda bisa mengeceknya dengan cara masuk ke menu Settings – Apps atau Application Manager, lalu cek apakah ada aplikasi asing di smartphone Anda. Jika Anda merasa ada aplikasi asing yang mencurigakan karena tidak pernah diinstal sebelumnya, bisa jadi itu adalah malware atau aplikasi mata-mata yang mencuri datamu.

2. Pelacak Lokasi Tiba-tiba Aktif
Salah satu tujuan orang menyadap smartphone adalah untuk mengetahui lokasi Anda. Oleh sebab itu, jika Anda sering melihat pengaturan lokasi smartphone tiba-tiba sering aktif (saat biasanya dimatikan), bisa jadi ada aplikasi yang memaksa lokasi aktif. Itu artinya, kemungkinan smartphone Anda sedang disadap.

3. WiFi Sering Aktif Sendiri
Meski semakin dibutuhkan, namun jarang orang yang akan mengaktifkan WiFi secara terus menerus. Namun jika Anda sering melihat koneksi WiFi di smartphone tiba-tiba sering aktif sendiri saat Anda berada di tempat umum, maka Anda harus mulai curiga smartphone Anda disadap seseorang. Koneksi WiFi memang cara paling mudah bagi hacker untuk membobol perangkat mobile, jadi Anda harus lebih hati-hati.

4. Baterai Cepat Habis dan Panas
Biasanya setelah para hacker berhasil menguasai smartphone sasarannya dan saat mereka mengirim data-data yang dicuri, aplikasi penyadapan yang ditanamkan oleh hacker harus berjalan terus di background. Alhasil akan berdampak pada smartphone yang menjadi gampang panas dan baterainya cepat sekali habis.
Jika kondisi ini Anda alami, maka Anda harus segera waspada. Segera cek pemakaian baterai Anda. Jika ada program aneh yang terus berjalan, bisa jadi memang smartphone yang sedang Anda gunakan telah disadap orang.

5. Kuota Internet Jadi Makin Boros
Selain boros baterai, ciri-ciri smartphone yang sedang disadap adalah boros kuota Intrenet. Kenapa bisa begitu? Karena biasanya aplikasi asing yang berjalan di background akan menyebabkan smartphone yang disadap menjadi boros kuota. Hal itu disebabkan karena aplikasi asing tersebut akan secara terus-terusan mengirimkan data ke luar tanpa Anda ketahui.

6. Smartphone Jadi Lelet
Apakah Anda suka merasa heran kenapa smartphone keluaran terbaru yang Anda gunakan tiba-tiba menjadi lelet saat menjalankan aplikasi atau game? Akan menjadi sangat aneh jika smartphone keluaran terbaru dan hanya menjalankan aplikasi ringan saja smartphone Anda sering suka lemot bukan? Bisa jadi smartphone Anda sedang disadap.
Leletnya smartphone Anda karena mungkin disebabkan adanya malware yang bekerja untuk mengirimkan data ke orang lain. Jadi, tak heran jika saat Anda chatting di socmed atau bermain game, di saat yang sama aplikasi mata-mata yang terinstal juga ikut bekerja. Makanya smartphone Anda menjadi lelet.

7. Sering Tiba-tiba Muncul Iklan Pop-up
Iklan Pop-up yang terkadang suka muncul di smartphone memang sangat menjengkelkan. Tapi jika iklan pop-up terlalu sering muncul, maka Anda patut mulai curiga. Pasalnya, pintu masuk untuk dapat melakukan modus penyadapan bisa melalui iklan-iklan pop-up.

Ada beberapa aplikasi mata-mata saat akan menyadap smartphone tidak bisa berjalan otomatis. Oleh sebab itu, para dedemit dunia maya ini akan menggunakan iklan pop-up sebagai trigger untuk mengaktifkannya. Jadi, ketika iklan tersebut di-klik, maka aplikasi mata-mata tersebut akan aktif menyedot data penting di smartphone Anda.

Solusi:
Nah, setelah membaca dan mengetahui ciri-cirinya, apakah Anda merasa salah satu dari 7 point tanda smartphone sedang disadap tadi pernah Anda alami? Untuk mengatasinya, Anda bisa langsung format smartphone ke setelan pabrik (factory reset) agar aman dari aksi mata-mata.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.