7 Keunggulan Kamera Ponsel yang Membuat DSLR Menjadi Tersingkirkan

7 Keunggulan Kamera Ponsel yang Membuat DSLR Menjadi Tersingkirkan


Bicara soal teknologi kamera ponsel itu memang gak ada habisnya. Gak heran sih, soalnya teknologi kamera ponsel itu memang terus berkembang dan bisa dibilang kian maju.
Dari yang dulu cuma bisa hasilkan foto blur pakai kamera VGA di ponsel, hingga kini kamu juga bisa hasilkan foto setara hasil kamera DSLR dengan berbekal ponsel pintar saja. Dirangkum dari berbagai sumber, ini nih teknologi kamera ponsel yang patut kamu syukuri kehadirannya karena bisa bikin hidup jadi lebih mudah (terutama untuk eksis). Yuk simak!
1. Kamera dengan sensor pintar
Teknologi kamera ponsel pertama yang bikin kamu bersyukur bisa hidup di masa kini adalah sensor pintar. Ya, rata-rata kamera ponsel masa kini sudah dibekali dengan teknologi sensor yang memungkinkan pengguna bisa melakukan beragam perintah pintar seperti bisa memotret ketika kamu tersenyum.
Lalu, ada sensor pintar lain yang memungkinkan kamera ponsel mengambil foto dirimu dengan hanya gerakan tangan saja. Coba dulu, mau selfie saja harus repot-repot mengatur timer lalu menekan tombol dan mengatur ini itu. Ribet lah!

2. Lensa optical zoom
Kamera ponsel zaman dahulu mentok-mentok cuma bisa digunakan untuk memotret dalam jarak dekat, itu saja sudah blur. Berbeda dengan teknologi kamera ponsel masa kini yang memungkinkanmu tetap bisa memotret dengan indah walau jarak objek jauh menggunakan teknologi bernama lensa optical zoom.
Berkat teknologi lensa optical zoom, hasil foto yang dihasilkan bisa jernih walau ukuran objek terlalu mini misalnya. Gak banyak sih, produk smartphone yang sudah menggunakan teknologi. Beberapa diantaranya adalah Samsung dengan produk Galaxy S4 Zoom, lalu ada Asus dengan produk Zenfone 3 Zoom dan Oppo juga dikabarkan akan segera merilis ponsel dengan dukungan teknologi zoom yang akan dirilis pada ajang Mobile World Congress.

3. Kamera dengan dual lensa
Satu lagi teknologi kamera ponsel canggih adalah dual lensa. Mulai tahun 2015 lalu, teknologi ini banyak banget dipakai di kamera ponsel terutama yang berpredikat flagship.
Katanya sih, teknologi kamera satu ini bisa menghasilkan efek bokeh layaknya efek yang dihasilkan kamera DSLR. Soalnya, masing-masing lensa bisa digunakan untuk menangkap objek dalam mode wide angle dan satu lagi biasanya dapat digunakan untuk menangkap objek dalam mode telephoto.
Beberapa ponsel pintar yang sudah menggunakan teknologi kamera ini adalah iPhone 7s, HTC One M8, Huawei P10 dan banyak lagi.

4. Kamera selfie dengan flash
Kamera selfie tanpa lampu flash LED itu bagai sayur tanpa garam. Kurang enak dan kurang sedap.
Untuk itulah, rata-rata kamera ponsel kini sudah dilengkapi denggan fitur lampu LED flash di bagian depan. Flash di bagian depan ini sangat pas digunakan oleh pengguna yang suka selfie kapan pun dan di mana pun, terutama yang suka selfie saat di keadaan minim cahaya. Teknologi sangat bermanfaat sekali deh!
Beberapa ponsel pintar yang sudah menggunakan teknologi ini adalah Sony C3, Moto X Styyle Pure Edition, Asus Zenfone Selfie dan masih banyak lagi.

5. Fitur optical image stabilization
Fitur yang biasa disingkat OIS ini memang terobosan di teknologi kamera ponsel yang kini makin meluas penggunaannya. Berkat fitur ini, kamu kabarnya gak perlu khawatir foto jadi blur. Soalnya, se-goyang apa pun tanganmu saat memotret hasilnya bakal lebih stabil dan gak blur.
iPhone dan HTC adalah beberapa ponsel pintar yang sudah menggunakan fitur ini untuk mempercantik hasil foto kamera ponselnya.

6. Kamera yang bisa berputar, ke depan dan ke belakang
Ketimbang susah-susah menggunakan dua kamera, kenapa kamu gak menggunakan satu kamera yang posisinya bisa diputar-putar untuk digunakan sebagai kamera depan atau belakang. OPPO adalah salah satu produsen yang pertama kali menggunakan teknologi positioning kamera macam ini di dunia.

7. Kamera beautify untuk selfie
Selfie gak lengkap kalau gak ada teknologi beautify. Teknologi satu ini sudah banyak digunakan di smartphone untuk mempercantik atau mempercakap hasil selfie segera setelah membidiknya.
Beberapa ponsel pintar yang sudah pakai teknologi kamera satu ini adalah OPPO dan Xiaomi.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.