7 Fungsi Lain Tombol Volume Smartphone yang Banyak Tidak Diketahui Orang Lain

7 Fungsi Lain Tombol Volume Smartphone yang Banyak Tidak Diketahui Orang Lain


Setiap Smartphone baik yang berbasis iOS ataupun Android, pada umumnya memiliki tiga tombol fisik, yakni tombol power dan dua tombol untuk volume. Teryata tombol untuk volume bukan hanya digunakan untuk menaikkan atau menurunkan suara saja, tapi juga bisa melakukan beberapa hal. Berikut fungsi lainnya tombol volume pada smartphone:
1. Shortcut Aplikasi
Kamu ingi buka aplikasi secara cepat ? ternyata kamu bisa menggunakan tombol volume yang dibantu dengan aplikasi QuickClik. cara penggunaannya tidak begitu rumit. Saya akan buat artikel lain mengenai cara menggunakannya. Jadi kalian harus meng'ikuti' saya untuk mendapat artikel selanjutnya, atau kalau tidak mau nunggu kamu bisa langsung cek di google.

2. Membuka Lock screen
Ternyata kamu bisa menggunakan tombol volume untuk membuka kunci layar. Dengan menggunakan bantuan aplikasi Sequence Unlock. Jadi untuk membuka kunci layar ponsel, kamu hanya perlu menekan kombinasi volume. Misalnya kamu memasang tiga kali tombol Up, berarti untuk membuka kuncinya, kamu hanya perlu menekan tombol Up sebanyak tiga kali. Karena Artikel ini akan sangat panjang bila di jelaskan, maka saya akan membuat artikel tersendirinya, tetap ikuti kami.

3. Screnshot
Ini adalah fungsi yang sudah tertanam, jadi tidak perlu aplikasi tambahan. Kamu bisa memotret layar kamu dengan menggunakan kombinasi antara tombol power + tombol volume down. Hasilnya akan otomatis tersimpan, dan kamu bisa lihat di galeri.

4. Zomm in/out pada Kamera
Saat ini Aplikasi pada smartphone sudah mendukung interface yang mudah. Jadi kamu bisa mengubah fungsi tombol volume sebagai tombol Zoom in/out.

5. Tombol shutter
Selain Zoom, tombol volume juga bisa digunakan sebagai tombol Shutter atau mengambil gambar, jadi kamu tidak harus menyentuh tombol pada layar.

6. Menghidupkan layar
Mengidupkan layar umumnya dilakukan dengan tombol power atau fitur double tap to wake. Tapi kalau smartphone kamu tidak mendukung fitur double tap to wake dan tombol power sudah sukar untuk digunakan. Kamu bisa menggunakan tombol volume untuk menggantikannya, kamu hanya perlu mnginstall aplikasi 'Volume Unlock Power Button fix'.

7. Recovery
Kamu bisa menggunakan kombinasi Tombol volume + tombol power saat dinyalakan untuk masuk ke mode recovery. Volume juga bisa digunakan untuk memilih menu mode recovery.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.