Sejarah dan Perkembangan Nano Komputer

Sejarah dan Perkembangan Nano Komputer

Awal Mula Nano Komputer

Sebelum kita mengetahui lebih lanjut mengenai nano komputer, mari kita intip sedikit mengenai sejarah computer hingga saat ini. Dahulu komputer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengolah data sesuai dengan perintah yang telah dibuat atau diprogram. Pada awalnya kata komputer merupakan kata yang diberikan untuk seseorang yang bertugas melakukan penghitungan matematika dengan alat bantu atau pun tidak, namun kemudian kata ini dipindahkan untuk menamai mesin itu sendiri. Pada awal mulanya komputer hanya digunakan untuk melakukan pengerjaan aritmatika saja, tetapi kemudian digunakan untuk mengerjakan semua tugas selain aritmatika. Perkembangan komputer sangat pesat mulai dari awal perang dunia kedua, pada tahun 1941 seorang Konrad bernama Konrad Zuse membuat computer Z3 yang digunakan atau mulai dikembangkan untuk pembuatan pesawat dan peluru kendali. Kemudian pada tahun 1943 dari inggris muncul pengembangan komputer terbaru yang mampu digunakan untuk memecahkan sandi. Kemudian pihak Amerika juga melakukan usaha pengembangan komputer yang sama pada tahun 1900. 



Lalu karena perkembangan yang cukup pesat pada tahun 1948, transistor berhasil ditemukan dan sangat mempengaruhi kemajuan komputer. Berkat adanya transistor ukuran komputer menjadi berkurang drastis. Transistor mulai digunakan komputer pada tahun 1956 dan awal tahun 1960 komputer mulai diminati pemerintahan, pebisnis dan industri karena ukurannya yang kecil serta mampu memproses keuangan dengan baik. Meskipun banyak hal positif namun salah satu hal negatife yang dimiliki transistor dan sangat merusak adalah panas. Transistor ternyata menghasilkan panas yang cukup besar sehingga dapat merusak komponen-komponen lain yang terdapat pada komputer. Akhirnya pada masa itu muncul juga IC ( Integrated Circuit ) yang ditemukan oleh Jack Killby sebagai pemecah masalah panas pada transistor. Kemudian pada tahun 1980 ditemukan VLSI ( Very Large Scale Integrasi ) yang mampu memuat ribuan komponen dalam satu chip. Kemudian pada tahun yang sama dikembangkan pula chip Intel 4004 sehingga dapat digunakan untuk microwave, oven dan televisi. Pada tahun 1981 personal komputer atau yang sekarang kita dengar dengan sebutan PC muncul dan diperkenalkan oleh pemerintah kepada konsumen umum. Sehingga banyak masyarakat mulai mempelajarinya tidak hanya pemerintah, pebisnis atau industri saja.

 robot asimo

Ternyata begitu cepat perkembangan komputer dari tahun ke tahun hingga akhirnya pada tahun 2014 AMD mencoba meluncurkan Nano Komputeratau nano PC yang dilengkapi dengan chip Mullins, tetapi model yang diluncurkan hanya sebatas prototype saja. Ukurannya memang sangat kecil, namun memiliki fungsi dan performanya terbilang luar biasa. PC ini tidak jauh berbeda panjang, lebar dan tebalnya dengan smarthphone besar seperti Samsung galaxy note atau Sony experia Z ultra. Walau demikian, PC ini memiliki kemampuan yang cukup untuk menjalankan system operasi windows 8.1 dengan cukup halus dan bahkan mampu menjalankan game FIFA 2014 dengan resolusi 1080p.

Nano Komputer atau disebut juga dengan Nano PC yang dilengkapi chip Mullins ini selain memiliki desain yang elegan juga memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar yakni 256 Gb, sebuah kamera, Bluetooth, WIFI dan sebuah konektor Dockport. Tentu saja PC ini tidak memiliki layar, rencananya akan di hubungkan ke layar TV atau monitor. Itulah tadi awal mula ditemukannya komputer dan perkembangannya hingga secanggih Nano Komputer, semoga bermanfaat dan maju terus perkembangan teknologi di dunia ini terutama di Indonesia tercinta.

Baca juga:

Fahrinheit
Fahrinheit

"Seorang Mantri Keliling yang bekerja sebagai Blogger Paruh Waktu, Pemimpi Pengangguran Sukses."

Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.