Hebat !! Hacker Mampu Memata-Matai Panggilan Telepon Dan Melacak Lokasi Hanya Menggunakan No Telepon


Berbagi ilmu - Sebuah acara televisi yang berjudul "60 minutes" membuat heran para penonton nya di malam minggu, sebab bintang tamu yang mereka undang adalah sebuah grup hacker asal jerman yang menunjukan bagaimana cara untuk memata-matai iphone dan melacak lokasi pengguna iphone.
Hacker memanfaatkan celah keamanan di SS7 (Signalling Sistem Seven) protokol yang memungkinkan hacker untuk melacak lokasi ponsel, mendengarkan pada panggilan dan pesan teks.

Jaringan telekomunikasi global SS7 masih sangat rentan terhadap beberapa kelemahan keamanan yang bisa membiarkan hacker dan agen mata-mata mendengarkan panggilan telepon pribadi dan mencegat SMS pengguna iphone pada jaringan selular, meskipun enkripsi yang paling canggih yang digunakan oleh jaringan selular.

SS7 atau Sistem Persinyalan Nomor 7 adalah protokol telepon signaling yang digunakan oleh lebih dari 800 operator telekomunikasi di seluruh dunia untuk bertukar informasi dengan satu sama lain, penagihan lintas operator, memungkinkan roaming, dan fitur lainnya.

Sebagai contoh Hacker memata-matai Smartphone anggota Kongres AS ini Dengan izin Kongres AS Ted Lieu untuk sepotong disiarkan Minggu malam oleh 60 Minutes, Karsten Nohl Jerman Security Research Labs mampu mencegat iPhone, catatan panggilan telepon yang dibuat dari telepon kepada wartawan, dan melacak lokasi yang tepat dan real-time .

Kelemahan ini sebenarnya mempengaruhi semua telepon, apakah itu iOS, Android, atau apa pun, dan masalah keamanan utama. Meskipun operator jaringan tidak mau atau tidak untuk menambal lubang kerentanan ini ada sedikit tips bagi pengguna smartphone dapat dilakukan yaitu dengan cara menggunakan aplikasi komunikasi yang menawarkan "enkripsi end-to-end" untuk mengenkripsi data Anda sebelum meninggalkan smartphone Anda.


HAPPY BLOGGING

Sumber : KURNIA ADITAMA (STMIK AMIKOM PURWOKERTO)

2 comments for "Hebat !! Hacker Mampu Memata-Matai Panggilan Telepon Dan Melacak Lokasi Hanya Menggunakan No Telepon"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.