Solusi lampu backlight pada laptop yang mati


Blogotech - selamat pagi gan, lama tidak update artikel baru yah, ya wajar saja , admin lagi mandan sibuk sebenernya, namun mau gimana lagi kan, sudah seperti ini, blog lama ini, memang sudah tidak bisa di pasang akun adsense jadi mandan males males gimana gitu, namun harus tetap semangat untuk blogotech dong untuk agan agan disana.

Pada postingan kali ini admin akan memberikan sebuah tips atau solusi jika lampu backlight anda mati. namun sebelum menuju ke solusi untuk mengatasi nya alangkah baiknya jika kita tau terlebih dahulu apa itu lampu backlight ? mungkin bagi agan yang awam akan komputer pasti agan tidak paham, maka dari itu akan admin jelaskan sedikit disini.

Lampu backlight adalah lampu yang berfungsi untuk memberikan penerangan pada layar monitor laptop/komputer anda, tanpa backlight layar akan gelap dan susah untuk melakukan aktivitas dengan laptop maupun komputer. nah sudah paham kan, simpel nya adalah lampu yang menerangi monitor komputer/laptop anda, pasti anda tahu sendiri dah.

Nah gimana jika lampu backlight mati ?? yang jelas layar monitor akan gelap serasa laptop mati, walapun sekilas anda bisa melihat tampilan sistem operasi pada monitor, namun sangat terbatas.
lampu backlight itu sendiri terdiri dari 2 tipe yaitu lcd dan led.

Pada tipe lcd ,bagian inverter lampu backlight di pasang terpisah, jadi jikalau anda mendapati lampu backlight anda mati, anda bisa mengecek bagian inverter terlebih dahulu, entah itu kotor atau memang sudah rusak, anda tinggal mengganti inverter lampu sehingga lampu backlight akan menyala normal kembali.

Pada bagian led, inverter lampu backlight di pasang bersamaan dengan layar monitor, jadi perlu perlakuan khusus untuk mengganti inverter jikalau lampu backlight mati. jika anda memang suka bongkar pasang komputer ada baik nya anda coba perbaiki sendiri terlebih dahulu, jika anda menyerah barulah anda serahkan ke tukang service. hehe

2 comments for "Solusi lampu backlight pada laptop yang mati"

  1. Lampu backligt laptop saya mati kira" berapa biaya Service yah ?merk Lenovo 14

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah untuk estimasi biaya saya kurang tahu mas, bisa ditanyakan di toko service komputer terdekat

      Delete

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.