Komputer anda terasa lambat dan sering lag, ini solusi cepat nya !!!

Berbagi ilmu - Anda pengguna komputer pc maupun laptop, mungkin anda sering mengalami kinerja komputer terasa berat dan sering terjadi lag saat membuka aplikasi, mungkin ini di sebabkan banyaknya aplikasi yang terbuka bersamaan dalam satu waktu, di samping spek komputer yang rendah kejadian seperti ini juga bisa terjadi jika ada virus yang menginfeksi pada sistem operasi komputer.

Komputer anda terasa lambat dan sering lag, ini solusi cepat nya !!!

Oleh karena itu kita sebagai pengguna komputer harus paham terhadap gejala dan masalah yang di alami oleh komputer kita, jangan sedikit sedikit di bawa ke tukang servis, bisa rugi nanti anda, misal laptop anda hanya terserang virus biasa lalu anda bawa ke tempat servis,,,enak bener tuh yang nyervis tinggal scan antivirus selesai, kasih harga semua dia sendiri.

Maka dari itu admin disini akan memberikan sedikit tips buat agan yang baca postingan admin ini, jika mungkin ada yang mengalami hal serupa bisa gunakan cara di bawah ini untuk mengatasi terlebih dahulu sebelum anda bawa ke tempat servis.

BERIKUT INI SOLUSI NYA :

1. Restart komputer.

    Kebanyakan kinerja komputer lambat karena banyak sekali aplikasi yang terbuka dalam waktu yang bersamaan, disamping itu juga biasanya kontak antara driver dg hardware yang tidak cocok sehingga membuat kinerja sistem menjadi kacau dan akhirnya melambat. restart komputer mampu memberikan perbaikan yang bisa di bilang maksimal apabila komputer lambat.

2. Scanning dengan Antivirus.

    Bukan hanya hardware saja yang membuat komputer anda menjadi melambat, virus juga merupakan salah satu ancaman yang serius untuk komputer, karena virus bisa membuat sistem operasi crash, memory dump dan hardisk terinfeksi, sehingga sistem menjadi sangat berat dan menyebabkan komputer menjadi lambat.

3. Shutdown komputer untuk beberapa waktu.

    Apa maksudnya ??? maksudnya adalah mematikan komputer dan jangan hidupkan dalam beberapa waktu, ini berguna untuk mengistirahatkan sistem,driver dan hardware komputer, penggunaan komputer yang over time juga bisa menyebabkan komputer bekerja semakin melambat dan sering lag.

4. Uninstal aplikasi dan program yang jarang terpakai.

    Terlalu banyak program yang di instal di dalam sebuah komputer juga bisa membuat komputer menjadi melambat, karena ada sebagian aplikasi yang walaupun tidak kita gunakan namun aplikasi tersebut aktif di belakang background dan terditeksi pada proses di task manager. usahakan buang aplikasi yang sekiranya sangat jarang di pakai demi kestabilan sistem komputer.

5. Rajin membersihkan file sampah pada komputer.

    Sudah banyak di ketahui bahwa sampah pada dunia nyata saja sudah sangat meresahkan dan menganggu kehidupan, coba bayangkan apabila file sampah yang yang ada di komputer di biarkan terus menumpuk tanpa di bersihkan, apa yang akan terjadi ?? selain memenuhi memori hardisk, file sampah ini juga menjadi beban komputer serta kestabilan sistem operasi dalam bekerja.

6. Perbesar ruang memori RAM.

    Memperbesar ruang memori RAM akan menjadikan komputer cepat serta stabil dan jarang lag, karena apa ?? karena semakin besar memori RAM yang di gunakan pada sebuah komputer maka ibarat jalan tol yang luas yang di lewati hanya sebagian kecil kendaraan,maka kendaraan tersebut bisa leluasa berjalan dengan kecepatan yang mereka inginkan tanpa ada kendala macet dan lain sebagainya, artinya transfer data akan semakin cepat dan akses aplikasi akan semakin mudah.


HAPPY BLOGGING

Sumber : KURNIA ADITAMA (STMIK AMIKOM PURWOKERTO)  



No comments for "Komputer anda terasa lambat dan sering lag, ini solusi cepat nya !!!"