Hati - hati !!! terlalu banyak instal aplikasi social media , smartphone android jadi melambat

Berbagi ilmu - Kadang tanpa kita sadari kita senang sekali untuk menginstal aplikasi entah itu aplikasi game,social media dan aplikasi aplikasi lain nya. karena mudah nya mendownload aplikasi dan gratis tanpa harus membayar sedikit pun. namun ada banyak kelemahan yang bisa terjadi jika anda terlalu banyak melakukan instalasi aplikasi pada smartphone android anda.

Hati - hati !!! terlalu banyak instal aplikasi social media , smartphone android jadi melambat

Belajar dari pengalaman pribadi admin sendiri. suatu ketika teman admin datang ke kos admin, kebetulan dia bawa smartphone samsung,untuk tipe nya admin lupa gan, tapi os nya udah upgrade ke android os 4.1 jelly bean. kawan admin sendiri tanya ke admin bagaimana si cara nya update BBM ?? kemudian admin suruh kawan admin untuk masuk ke playstore untuk update BBM nya,namun pas di cek ternyata tidak ada update untuk BBM nya ,padahal versi BBM yang di gunakan kawan admin itu versi lama, terus iseng admin coba pinjam hp nya dan wooowww ini hape ngelag banget gan. sampe bosen nunggu nya. padahal cuman masuk ke setting .nunggu nya kaya lagi antri sembako gan haha.

Nah berawal dari itu juga admin coba buka ke menu aplikasi dan melihat apa saja sih aplikasi yang berjalan pada hape ini. setelah admin lihat lihat,admin sangat terkejut gan.kenapa coba ??? ada yang tau . terkejut sekali karena semua aplikasi yang berjalan di belakang background adalah aplikasi social media semua. entah ada 5 atau 6 aplikasi socmed yang berjalan bersamaan di proses pada sistem. gimana engga ngelag orang ram aja cuman 512MB. 

Sudah gitu penyimpanan internal dan eksternal juga sudah hampir penuh dengan data. jadi admin saran kan ke kawan admin suruh hapus aplikasi socmed yang tidak di gunakan. coba saja bayangkan smrtphone dengan ram 512 yang harus nya pake os android GB atau HC udah pake JB, sudah kita aplikasi socmed yang tepasang di hp nya ada facebook,messanger,BBM,skype,line,bee,kakao talk,skype,whatsup. gila bukan, sudah kaya gitu semua aplikasi itu berjalan dalam proses di sistem.gimana ga ngelag coba, orang tab admin yang ram 1 GB juga nda yakin bisa berjalan mulus jika instal semua aplikasi socmed tersebut.

Jadi kesimpulan dari cerita di atas tadi terlalu banyak instal aplikasi socmed dapat mempengaruhi kinerja sistem pada perangkat android anda. jadi semakin banyak socmed yang terinstal maka akan semakin melambat kinerka smartphone anda. itu saja gan,semoga berguna.


HAPPY BLOGGING

Sumber : KURNIA ADITAMA (STMIK AMIKOM PURWOKERTO)

1 comment for "Hati - hati !!! terlalu banyak instal aplikasi social media , smartphone android jadi melambat"

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.