Cara mudah atasi tidak bisa booting dengan installer windows 7 saat instal ulang

Berbagi ilmu - Mendapatkan sebuah ilmu baru dari pengalaman merupakan ilmu yang sangat bermanfaat dan akan selalu teringat. oleh karena itulah blog ini ada berdasarkan pengalaman admin pribadi, kok malah curhat ya  haha, oke sobat pada postingan kali ini admin akan memberikan sebuah tips sederhana namun mungkin akan sangat berguna bagi anda yang akan melakukan instal ulang pada laptop mau pun PC anda. 

Cara mudah atasi tidak bisa booting dengan installer windows 7 saat instal ulang

Nah belajar dari pengalaman kemarin ketika temen admin main ke sini, dia bawa laptop baru cara nya, nah di laptop itu sudah terinstal linux yang versi teks tanpa GUI, temen cerita ke admin kalau dia udah bolak balik instal dengan flashdisk installer namun tidak tediteksi juga, padahal bios sudah diatur agar fd tadi menjadi booting pertama, akan tetapi yang booting tetap linux nya.

Lalu admin coba lihat laptop nya, dan kemudian admin coba dengan dengan dvd installer windows 7 yang admin punya, lalu admin atur boot priority nya agar CDROM menjadi boot pertama, admin save lalu restart laptop nya, akan tetapi yang booting masih tetap linux nya.lalu admin pikir pikir lagi dan sedikit otak atik dengan cara ini kok bisa booting yah hehe, dan akhirnya laptop kawan admin bisa di instal windows 7 nya, mau tau cara nya gimana ? simak di bawah ini.

Cara ini yang admin gunakan pada laptop kawan admin:

1. Masukan dvd instaler windows 7 nya kemudian restart pc.

2. Lalu masuk ke BIOS, kemudian masuk ke menu boot.

3. Pada menu boot, ubah boot mode dari UEFI ke Legacy.

4. Kemudian ubah boot priority, letakan CDROOM pada nomer 1.

5. Kemudian tekan F10 lalu klik yes.

6. Setelah restart maka tampilan loading windows akan muncul dan siap untuk di instal.

7. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)


HAPPY BLOGGING

Sumber : KURNIA ADITAMA (STMIK AMIKOM PURWOKERTO)

2 comments for "Cara mudah atasi tidak bisa booting dengan installer windows 7 saat instal ulang"

  1. mau tanya,, saya ingin install ulang windows 7 ke pc saya.. loading awal installer nya berhasil, tapi pas proses loading logo windows nya selalu stuck.. dan akhirnya ga masuk2 ke tampilan instal ulang.. saya sudah coba dengan usb dan cd tetep gagal.. saya sudah coba di laptop berhasil masuk ke tampilan windowsnya.. saya coba windows 10 sama aja kayak win 7.. terakhir saya coba install win XP ternyata berhasil.. mohon solusinya.. terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi seperti ini gan, jika agan instal ulang menggunakan flashdisk, ada 3 slot usb yang biasanya ada pada laptop maupun pc, biasanya di pc lebih banyak gan, nah di slot mana agan menempatkan flashdisk untuk instal ulang windows nya, saran saya jika di slot usb 1 terjadi stuck maka coba dengan slot usb yang lain nya. sekian dan terima kasih.semoga membantu

      Delete

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.