Cara dual booting sistem operasi windows dalam satu partisi

Berbagi ilmu - Dualboot merupakan cara untuk melakukan instalasi sistem operasi pada satu buah komputer atau laptop, namun kebanyakan cara melakukan dualboot adalah dengan membagi dan membuat partisi secara sendiri - sendiri kemudian di instal ke masing-masing partisi yang telah di buat tadi.


Cara dual booting sistem operasi windows dalam satu partisi


Namun pernahkah anda mencoba melakukan dualboot sistem operasi windows pada satu partisi yang sama tanpa melakukan format disk ?? mungkin ada yang sudah pernah mencoba dan ada juga yang belum pernah, pada tutorial kali ini admin akan memberikan Cara dual booting sistem operasi windows dalam satu partisi. 

Yang jadi pertanyaan disini, emang bisa sih di instal dalam 1 partisi yang sama sedangkan partisi itu telah terinstal sistem operasi windows lain nya. jawab nya mungkin bisa saja, karena admin sendiri telah mencoba nya. Untuk melihat bagaimana sih cara nya,silahkan lihat pembahasan tutorial nya di bawah ini.

LANGKAH - LANGKAH NYA : 

1. Siapkan instaler windows dalam bentuk flashdisk, kemudian hubungkan pada komputer anda. Pada kasus ini komputer telah terinstal os windows 7 dan anda akan melakukan dualboot dengan windows 8.

2. Setelah itu masuk ke windows explorer,kemudian klik pada instaler windows nya.

Cara dual booting sistem operasi windows dalam satu partisi 1

3. Kemudian klik setup.exe untuk memulai penginstalan.

Cara dual booting sistem operasi windows dalam satu partisi 2

4. Maka akan muncul tampilan seperti ini, lakukan proses instal hingga selesai, jika ada yang belum tau cara instal nya lihat disini cara instal windows 8

Cara dual booting sistem operasi windows dalam satu partisi 3

5. Setelah selesai instal, maka akan muncul pilihan boot, pilih os mana yang akan anda gunakan.

Cara dual booting sistem operasi windows dalam satu partisi 4

6. Jika anda pilih windows 7,maka os yang akan aktif itu windows 7 dan windows 8 nya akan nonaktif, begitu juga sebaliknya. selamat mencoba ya :)




6 comments for "Cara dual booting sistem operasi windows dalam satu partisi"

  1. tapi kalau sebaliknya gimana ya..
    disini sa sudah instal win 8 tetapi saya ingin dual boot dengan win 7 , itu bagaimanaya caranya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara nya sama seperti instal windows 8 mas, cuman biasanya windows 8 gak bisa booting.

      Delete
  2. Mas, saya sudah instal windows 10, karena sesuatu dan lain hal saya mencoba instal windows 7 di partisi yang sama[tanpa format], ternyata yang terbaca pas booting cuma windos 7, gimana munculin windows 10 nya ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk munculin win 10 nya anda harus instal ulang lagi mas,di partisi yang berbeda.

      Delete
  3. Mas, saya sudah instal windows 10, karena sesuatu dan lain hal saya mencoba instal windows 7 di partisi yang sama[tanpa format], ternyata yang terbaca pas booting cuma windos 7, gimana munculin windows 10 nya ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam aturan dualboot atau multiboot dalam sistem operasi windows, prosedur instal yang benar adalah os dengan umur yang lebih tua terdahulu baru yang muda.sebagai contoh instal windows 10 dan win 7, yang harus anda instal pertama adalah win 7 baru win 10. untuk dual boot baiknya pake partisi yang beda.untuk menghindari crash pada sistem operasi. gitu mas sony.

      Delete

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.