Tips menyimpan artikel pada situs menjadi dokumen pdf

doc pdf

Berbagi ilmu - Pernahkah anda mendapati sebuah artikel pada sebuah situs website,blog atau yang lain nya yang menurut anda penting untuk di simpan ? pasti anda semua pernah deh menemukan yang semacam itu, pasti yang akan anda lakukan pertama kali adalah copy seluruh isi artikel kemudian pastekan di ms word atau notepad ? benarkan !! 

Namun tindakan seperti itu akan kurang efektif menurut admin sendiri, mau tau biar kita bisa langsung menyimpan isi artikel dalam website atau blog tersebut tanpa copy paste dari web ke ms.word. masih banyak yang bingung kan, maka dari itu admin akan memberikan tips nya kepada pembaca semua nya. simak dengan seksama yah hehe :)

1. Cari terlabih dahulu artikel dalam web/blog yang menurut anda penting. contoh nya seperti di bawah ini .

simpan document pdf pada situs

2. Kemudian tekan tombol Ctrl + P hingga muncul tampilan seperti di bawah ini.

simpan document pdf pada situs 1

3. Anda bisa mengatur berapa slide yang ingin anda simpan, lihat gambar di bawah ini.

simpan document pdf pada situs 2

4. Anda juga bisa merubah letak tampilan artikel yang ingin anda simpan, potrait untuk posisi vertikal dan landscape untuk posisi horizontal.

simpan document pdf pada situs 3

5. Bisa juga mengatur margin (batas kertas) sesuai dengan keinginan anda.

simpan document pdf pada situs 4

6. Agar slide sama dengan yang ada pada situs asli nya, anda bisa melakukanya dengan mencentang background grafis pada menu options.

simpan document pdf pada situs 5

7. Anda juga bisa mengatur ukuran kertas yang akan anda gunakan untuk menyimpan artikel tersebut, sebagai contoh admin menggunakan ukuran kertas A3. lihat gambar di bawah.

simpan document pdf pada situs 6

8. Untuk menghilangkan header dan footer jika di rasa menggangu anda tinggal buang centang pada pilihan header and footer pada menu layout. setelah semua selesai klik save untuk menyimpan.

simpan document pdf pada situs 7

9. Setelah itu tentukan tempat penyimpanan artikel dengan format pdf tersebut, klik save untuk menyimpan.

save dokument pdf

Nah itu sedikit tips dari admin yang sudah admin paktekan sendiri dan hasil nya sangat efektif sekali. selamat mencoba,jika ada yang masih bingung tanyakan saja pada kolom komentar. terima kasih 



HAPPY BLOGGING

Sumber : KURNIA ADITAMA (STMIK AMIKOM PURWOKERTO)


No comments for "Tips menyimpan artikel pada situs menjadi dokumen pdf"