Macam - macam GPU pada smartphone android

Macam - macam GPU pada smartphone android

Macam - macam GPU pada smartphone android | Berbagi ilmu - Pernahkah sobat semua tau apa sih GPU yang ada pada smartphone android masa kini,mungkin banyak yang tau tapi gak tau apa sih arti gpu itu,secara kalau kita beli smartphone android kita bisa lihat di sistem informasi tertulis misal GPU mali 400 atau yang lain nya.

1. GPU (Graphic processing unit).

    Adalah sebuah chip yang ada di dalam perangkat smartphone dan tablet android yang fungsinya sebagai otak dalam menjalankan sebuah grafis pada perangkat android.GPU ini bisa di sebu dengan VGA pada komputer dan laptop karena pada prinsip nya itu sama.GPU ini terdiri dari berbagai macam merk dan versi nya,GPU yang baik dan bagus biasanya di sematkan pada perangkat android yang memiliki harga mahal serta spesifikasi tinggi,misal nya sony experia Z1,samsung galaxy S4 dan S5.

2. Macam - macam GPU pada perangkat android.

  • Adreno.
Adreno merupakan buatan dari ATI yang dulu nya adalah anak perusahaan dari AMD.gpu ini awal muncul pada tahun 2002 - 2004. Yang dulunya di sebut dengan merk dagang ATI Imageon namun sekarang telah di jual ke perusaahan terkemuka yaitu qualcom sehingga nama ATI imageon di ganti dengan nama Adreno.Seri dari GPU Adreno yang telah di keluarkan antara lain : Adreno 130,Adreno 200,Adreno 205 dan Adreno 220.

  • PowerVR.
Seri PowerVR dulunya adalah buatan dari video logic,namun dengan persaingan yang semakin ketat,dan semakin melejitnya Nvidia dan ATI kini video logic tidak lagi bermain di pasar VGA,namun mereka sekarang hanya fokus pada grafis smartphone,seri dari GPU PowerVR yang telah di keluarkan antara lain : SOC A4/SGX535,SOC Hummingbird/SGX540,SOC OMAP seri 3/SGX530,dll.

  • Mali.
Seri mali merupakan arsitektur buatan ARM,pada GPU ini sering di gunakan pada HDTV,game konsole dll,walaupun masih jarang terdengar namanya,namun GPU ini jangan di anggap enteng,karena pada seri GPU Mali 400 ini di klaim mampu merender setara PS3 dan Xbox 360.

  • Gforce.
Seri GPU Gforce merupakan aristektur buatan dari perusahan GPU terkemuka yaitu Nvidia,karena masih jarang di gunakan pada smartphone dan tablet,GPU ini juga di yakini sangat bagus untuk grafis game dan multimedia,untuk saat ini penggunaan GPU untuk versi ini sangat minim karena produsen smartphone lebih suka menggunakan GPU lain semisal PowerVR,Mali dll.



HAPPY BLOGGING
Sumber : KURNIA ADITAMA (STMIK AMIKOM PURWOKERTO)

No comments for "Macam - macam GPU pada smartphone android"