Komponen utama sebuah sistem operasi.

Komponen utama sebuah sistem operasi.

Komponen utama sebuah sistem operasi  | Berbagi ilmu - Sistem operasi ibarat sebuah nyawa dalam sebuah perangkat dalam sebuah PC mau pun smartphone,beragam jenis dan macam macam sistem operasi yang beredar saat ini,mulai dari windows,linux,mac,ios,android dan masih banyak sistem operasi yang lainya,namun apakah kalian tau dari komponen apakah sistem operasi itu terbentuk,dan bagaimana bisa sistem operasi menjadi sebuah nyawa dalam sebuah perangkat keras.berikut ulasanya menurut berbagi ilmu.

KOMPONEN SISTEM OPERASI ANTARA LAIN :

1. PROCESS MANAGEMENT.

    Proses management adalah suatu proses dimana sistem operasi mengatur kinerja sebuah processor agar tidak terjadi tabrakan antar data yang akan di kelola oleh processor.sistem operasi mengatur sebuah data/aplikasi/program mana yang harus di jalankan terlebih dahulu dan data/aplikasi/program mana yang harus menunggu.

2. MEMORY MANAGEMENT.

    Sistem operasi juga terbentuk dari komponen yang bernama memory management,memory disini merupakan tempat penyimpanan sementara data dan informasi yang di butuhkan oleh sebuah processor yang nantinya akan di teruskan ke processor.

3. I/O MANAGEMENT.

    Lebih di kenal dengan kata lain pengatur keluaran dan masukan,sistem operasi bekerja untuk mengatur masukan dan pengeluaran data yang akan di process oleh sebuah processor sehingga bisa lebih efisien dan tidak terjadi tabrakan antara perintah satu dengan perintah yang lain nya.

4. FILE MANAGEMENT.

    Sistem operasi juga berfungsi juga untuk mengatur file agar bisa di akses dengan mudah,misaknya dalam membuat direktori,menyimpan file dan menghapus file.

5. PROTECTION SYSTEM.

    Keamanan sebuah sistem,siapa lagi yang menjaga nya kalau bukan sistem operasi itu sendiri oleh karena itu sebuah sistem operasi di buat sedemikian rupa dengan kemanan yang sedemikian rupa pula.

6. NETWORKING.

    Networking/jaringan merupakan sekumpulan beberapa processor yang tidak membagi clock,sistem jaringan ini yang menyediakan akses ke sumber sistem untuk di gunakan oleh user.

7. COMMMAND INTERPRETER SYSTEM.

    Sistem operasi bertugas untuk menunggu instruksi pengguna, CIS tiap tiap sebuah sistem operasi di desain berbeda sesuai dengan tingkat keamanan sistem operasi nya.


HAPPY BLOGGING
Sumber : KURNIA ADITAMA (STMIK AMIKOM PURWOKERTO)



No comments for "Komponen utama sebuah sistem operasi."