cara memperbaiki layar monitor yang tidak mau menyala pada PC



 Pernah kah anda mengalami kejadian seperti layar monitor di PC anda tidak menyala namun CPU pada komputer anda menyala dengan normal,pengalaman ini saya alami beberapa bulan yang lalu,monitor komputer saya tidak mau menyala tetapi CPU menyala dengan normal,saya sebagai anak IT mencoba sendiri untuk memperbaikinya,namun beberapa kali saya menuai kegagalan dan hasilnya tetap nihil.Sebelum anda tau cara memperbaiki nya alangkah baiknya anda harus tau cara menganalisis problemnya terlebih dahulu.berikut ini adalah masalah yang mungkin menjadi penyebab layar monitor tidak mau menyala :

PENYEBAB UMUM :
  1. Power supplay rusak atau daya listrik yang di keluarkan oleh power supplay rendah.
  2. Memori RAM kotor.
  3. VGA rusak atau mati.
  4. Kabel monitor dan cpu kendor atau rusak.
  5. Layar monitor mati/rusak.
TROUBLESHOOTING/PERBAIKAN :
  1. Periksa terlebih dahulu kondisi power supply apakah masih befungsi dengan baik atau tidak,jika rusak ganti dengan yang lain yang masih berfungsi.
  2. Cek keadaan memery RAM apakah dengan kondisi baik atau tidak,bersih atau tidak,jika kotor,lepas RAM dan bersihkan dengan kertas tissu.
  3. Ini hal yang paling menjengkelkan,mungkin ini yang menjadi penyebab terjadi nya monitor mati,jika VGA onboard mati/rusak.maka belikan/ganti dengan VGA card,
  4. Cek juga bagian kabel antara CPU dengan kabel monitor,jika kendor,kencangkan dan rapikan kabel.
  5. Ini juga yang jadi penyebab paling sering,apabila layar monitor mati/rusak ganti dengan yang baru aja,jika masih ada kemungkinan bisa di perbaiki ya di perbaiki saja.

Mungkin hanya itu saja tips dari saya,semoga bermanfaat untuk anda semua,amin


HAPPY BLOGGING

Sumber : KURNIA ADITAMA (STMIK AMIKOM PURWOKERTO) 

No comments for "cara memperbaiki layar monitor yang tidak mau menyala pada PC"