Cara membedakan smartphone original dengan yang palsu

membedakan smartphone asli dengan palsu

Berbagi ilmu - Dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi,banyak bermunculan inovasi baru,mulai dari produk elektronik bahkan smartphone,sekarang banyak sekali bermunculan produk - produk baru dari smartphone yang membuat kita bingung untuk memilihnya,tapi dengan banyak nya produk smartphone yang muncul kita harus waspada dengan smartphone tiruan(palsu).berikut ini adalah tips dan trik cara membedakan antara smartphone yang asli dengan yang palsu.

1. Melihat spesifikasi hardware pada smartphone.
   Ini akan membantu kita dalam menentukan smartphone yang asli dan palsu,dengan melihat spesifikasi hardware kita dapat mengambil kesimpulan ini asli dan itu palsu.contohnya : spesifikasi samsung galaxi S4 original adalah processor exynos 5 2.1ghz,RAM 2gb,memory internal 32gb,os android jelly bean. sedangkan spesifikasi samsung galaxy S4 palsu : processor mtk500 2.0 ghz,RAM 2gb,internal 8gb,os android jelly bean.ini sudah membedakan mana yang asli dan palsu.

2. Cek nomor IMEI.
    Cek nomor IMEI ini akan membuktikan bahwa smartphone ini asli atau palsu,tidak semua smartphone bisa menampilkan no IMEI,untuk mengecek nya tekan *#06# jika muncul no seri IMEI bisa di pastikan smartphone asli buakn palsu.

3. Melalui data exif.
    Dengan adanya data exif kita bisa mengetahui apakah smartphone ini palsu atau asli,untuk melihat data exif,biasanya ada pada saat anda mengambil gambar dengan kamera smartphone,pada gambar yang diambil pasti terdapat informasi mengenai gambar dan kamera yang di gunakan.smartphone palsu tidak bisa melakukan ini.

4. Dengan uji Benchmark.
    Dengan uji benchmark ini akan memberikan informasi yang akurat terhadap kinerja hardware pada smartphone,jika smartphone di cek menghasilkan hasil benchmark yang bernilai rendah kemungkinan itu smartphone palsu.

5. Memeriksa desain,bentuk dan warna.
    Setiap vendor smartphone pasti memiliki ciri khas yang berbeda dengan smartphone yang lain nya,walaupun pada smartphone palsu dalam segi bentuk terlihat sama pasti terdapat perbedaan,entah itu tekstur layar atau dalam warna.

6. Kartu garansi.
    Dengan melihat pada kartu garansi maka anda bisa menetukan apakah smartphone anda asli atau palsu,jika pada smartphone asli mempunyai garansi 1tahun,maka pada smartphone palsu hanya mempunyai garansi 1 bulan maximal.dan tampilan kartu garansi nya pun berbeda dengan kartu garansi yang asli.

7. Merasakan performa nya.
    Seberapapun mirip nya tampilan smartphone palsu dengan yang asli,pasti akan ada yang membedakanya,dengan melihat performa dari smartphone kita akan merasakan perbedaanya,smartphone asli pasti akan jauh lebih cepat performanya di banding dengan yang palsu.

8. Memeriksa NFC dan konektor.
    Ketika Anda melepaskan baterai dari perangkat, maka akan terlihat baris NFC connectornya berupa seperti jalur timah kuning. Namun di perangkat palsu, NFC Connector ini akan terlihat lebih jelas, sedangkan di perangkat asli akan terlihat sedikit saja dan lebih terkesan terlindung.

9. Melihat kualitas dan harga.
   Tentu saja, langkah terakhir yang dapat dilakukan untuk mendeteksi barang palsu atau bukan adalah dengan melihat dari kualitas dan harganya.Apabila disandingkan dengan produk asli, maka kualitas dari barang palsu tidak dapat mengunggulinya. Dan lagi, barang mahal tentu saja memiliki kualitas sendiri. Begitu pula produk asli yang rata-rata dipasarkan dengan harga yang mahal.


HAPPY BLOGGING

Sumber : KURNIA ADITAMA (STMIK AMIKOM PURWOKERTO)
Dikutip : MERDEKA.COM



No comments for "Cara membedakan smartphone original dengan yang palsu "