tutorial instal windows 7 beserta gambar nya


      Selamat pagi semua,kali ini Blogotech akan memberikan sedikit tutorial tentang cara instal windows 7 dengan mudah karena telah di serta kan gambar sekaligus perintah yang harus di lakukan.bagi anda yang masih newbie dalam dunia IT semoga ini akan bermanfaat bagi anda semua.
tanpa basa-basi lagi langsung aja kita lakukan.sebelum melakukan instalasi operating system windows 7 ada beberapa hal yang kita butuhkan antara lain:
  • Komputer dengan spesifikasi yang kompatible dengan windows 7
  • CD master windows 7
  • Driver pack
Pada tutorial kali ini,saya akan menjelaskan cara instal menggunakan CD bukan menggunakan bootable flash disc.langsung aja ini cara nya bro heeeee ......

langkah-langkah instalasi OS windows 7 adalah sebagai berikut:
1.Masukan CD master windows 7 ke dalam CD ROM,tunggu hingga muncul perintah press any key to    boot    from CD or DVD.lalu tekan tombol apa saja terserah anda.

booting komputer dari DVD

2.Setelah itu akan muncul jendela berwarna hitam bertuliskan windows is loading files,tunggu hingga proses load file nya selesai.


loading file windows 7

3.Setelah proses loading files selesai,maka akan muncul logo GUI windows 7.

memulai install windows 7

4.Kemudian akan muncul jendela instalasi windows 7,Atur bahasa,waktu dan input keyboard.kemudian klik next untuk melanjutkan.

memilih setelan bahasa

5.Lalu akan muncul jendela berikutnya,klik instal now untuk mulai menginstal,atau klik repair your  komputer untuk mereset windows tanpa menginstal nya.

mulai install windows 7

6.Kemudian kita akan di berikan microsoft software license terms,ceklist pada i accept the license terms kemudain klik next untuk mlenajutkan.

persetujuan install windows 7

7.Proses instalasi di mulai.

start install windows 7

8.Pada langkah ini,kita akan di berikan 2 pilihan instalasi.yang pertama adalah upgrade yaitu meningkatkan dari OS sebelumnya.yang kedua adalah Custom(Advanced) yaitu menginstal secara kesuluruhan dari os windows 7 itu sendiri.pilih custom saja.

install ulang advanced

9.Lalu kita memilih partisi hardisk untuk tempat instal windows 7 nya,biasanya untuk menginstal windows 7 menggunakan local disk C.contoh di bawah ini penjelasanya sbb:
  • Disk 0 partition 1: System reserved adalah disk untuk booting os
  • Disk 0 partition 2: Windows 7 ultimate adalah local disk C
  • Disk 0 partition 3: Data/local disk adalah local disk D
Jadi kita gunakan yang Disk 0 partition 2: Windows 7 ultimate,lalu pilih delete/format kemudian klik next.

pengaturan partisi windows 7

10.Maka partisi tadi akan di format,dan siap di gunakan untuk instalisasi.klik next untuk melanjutkan.

partisi baru windows 7

11.Akhirnya instalisasi windows pun berjalan,tunggu hingga semua proses selesai di lakukan.

transfer file windows 7

12.Setelah semua proses instalasi selesai maka komputer akan restart secara otomatis,lalu keluarkan CD master windows 7.


restart otomatis

13.Lalu akan muncul GUI logo windows 7.

mulai melanjutkan install windows 7

14.Windows sedang melakukan updating registry settings,tunggu hingga selesai.


update registry setting

15,Setup is starting services,di tunggu aja jangan lakukan apapun.

setup starting windows 7

16.Proses instalasi windows 7 akan segera selesai.

menyempurnakan install windows 7

17.Maka komputer akan restart secara otomatis untuk melanjutkan instalasi.

continue install windows 7

18.Lalu akan muncul GUI logo windows 7 lagi.

restart kembali windows 7

19.Windows sedang menyiapkan komputer untuk langkah pertama penggunaan.

preparing komputer for the first use  

20.Langkah pertama untuk men set up windows adalah dengan cara mengisikan nama pengguna(user name) dan nama komputer(computer name),isikan terserah anda dan klik next.

memasukan nama untuk komputer

21.Demi keamanan komputer,saya saran kan untuk mengaktifkan password pada windows,caranya anda isikan pada form seperti pada gambar di bawah ini,lalu klik next.

memasukan password windows 7

22.Isikan product key yang di sertakan dalam kotak pembelian CD windows 7 original,jika anda menggunakan windows 7 bajakan,anda bisa menggunakan serial number atau memakai windows loader untuk aktivasi.setelah di isi klik next.

memasukan kode windows 7

23.Pilih use recommended settings untuk windows update,jika anda malas untuk mengupdate windows karena takut ke blacklist pilih saja ask me later.

recommended setting

24.Kemudian atur waktu sesuai dengan negara tempat anda tinggal,lalu klik next.

pengaturan waktu

25.Akhirnya proses instalasi windows 7 pun telah selesai dengan sukses hingga muncul tampilan dekstop.

instalasi windows 7 telah berhasil


      Untuk windows 7 yang belum di aktifasi hanya bisa di gunakan selama 30 hari,jika sampai 30 hari belum di aktivasi maka windows akan berubah menjadi black screen dan terdapat tulisan windows copy not genuine.oleh karena itu sehabis instalasi windows 7 di sarankan untuk langsung melakukan aktivasi,bisa menggunakan windows loader dan software lainya,cari aja di google banyak banget.jangan lupa pula untuk instal driver laptop agar windows bisa berjalan dengan normal dan tampilan lebih menarik.

cukup sekian tutorial dari saya,jika ada salah kata dalam penulisan saya mohon maaf yang sebesar-besarnya,artikel dalam blog ini boleh di copy paste oleh temen-temen semua asal sertakan sumbernya,belajar untuk menghargai karya orang lain,dan jika telah membaca artikel di blog ini mohon sekiranya memberikan komentar beserta kritik dan saran untuk kemajuan blog saya ini terima kasih

No comments for "tutorial instal windows 7 beserta gambar nya"