keamanan jaringan wifi.


  Banyak jalan menuju roma,itulah yang semboyan yang cocok untuk membobol system dari jaringan wireless(wifi).banyak jalan untuk membajak suatu akun yang terkoneksi dengan jaringan wifi hotspot,oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam melakukan hal-hal yang mungkin sangat penting seperti membuka e-banking,membuka akun twitter dan akun fb,karena disini hacker bisa meretas akun kita,untuk itu ayo kita sama-sama liat cara memberikan keamanan wifi untuk nyaman dalam browsing,
berikut ini langkah-langkah dalam mengamankan wireless kita.

1.Gunakan wifi publik secara bebas dengan resiko sendiri.
   Maksud dsni adalah seseorang yang terkoneksi di wifi yang sama,akan menyebabkan seorang hacker melakukan sniffing password untuk mencuri email dan password anda untuk mengakses akun anda secara ilegal.

2.Jangan gunakan WEP sebagai keamanan wifi anda,gunakan lah WPA atau WPA2.
   WEP key merupakan kata kunci yang bisa dengan mudah di hack oleh hacker,oleh karena itu gunakan lah WAP/WAP2 key untuk keamanan wifi anda agar hacker sulit untuk membobol keamanan wifi kita.

3.Jika router anda menggunakan WPS,nonaktifkan semua nya.
   maksud nya adalah menonaktifkan WPS untuk menghindari serangan bruteforce dan memberikan akses hacker untuk mendapatkan key dari wifi kita.

4.Jika kamu berfikir seseorang dapat mengakses akun anda,browsing lah menggunakan HTTPS.
   Saat kita berselncar di dunia maya menggunakan wifi umum,berhati-hati lah karena seseorang bisa dengan mudah mengakses atau mencuri data kita melalui sniffing password,gunakanlah browsing menggunakan HTTPS,jangan gunakan HTTP.

5.Jangan membeli sesuatu secara online ketika terkoneksi dengan wifi umum.
   jangan sekali-kali anda melakukan transaksi jual beli online menggunakan wifi umum,karena seseorang bisa mencuri kartu kredit anda yang menyebabkan anda kehilangan uang anda.

   Begitu lah kenyataan nya sobat,tidak semua hacker bersifat baik,banyak yang menggunakan kemampuan mereka untuk hal yang tidak benar oleh karena itu mari kita belajar dan gunakan kemampuan kita untuk hal yang baik.sekian dan terima kasih.

HAPPY BLOGGING

sumber : KURNIA ADITAMA (STMIK AMIKOM PURWOKERTO)

2 comments for "keamanan jaringan wifi."

Post a comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan tema, gunakan kata-kata yang sopan dan bijak (no iklan, no SARA, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan atau titip link akan dimasukkan dalam folder SPAM.